Rabu, 08 Jan 2020 19:54 WIB

Mobnas Turki Jadi Favorit Dalam dan Luar Negeri

Dadan Kuswaraharja - detikOto
SUV listrik TOGG Foto: Kantor Istana Presiden Turki
Ankara - Mobil nasional Turki mendapatkan minat dari dalam dan luar negeri. Produsen mobil TOGG saat ini tengah menyiapkan proses pre-order untuk menampung minat orang dari dalam dan luar negeri Turki.

Menurut Menteri Industri dan Teknologi Turki Mustafa Varank seperti dilansir dari Anadolu Agency yang dikutip dari Hurriyet Daily News, permintaan pada mobnas Turki itu tergolong tinggi.



"Kami dalam tahap memproduksi 100-150 prototipe. Mobil akan dites da pada awal 2020, pabrik akan mulai produksi massal," ujarnya.

Pemerintah Turki menyiapkan skema khusus untuk pembelian mobil. Turki akan menjamin pembelian sebanyak 30.000 unit pada tahun 2035. Skema seperti ini menurut Mustafa merupakan yang pertama diberikan Turki. Namun Turki tidak akan memberikan jaminan serupa pada produsen mobil lain, seperti VW yang berusaha mereka tarik investasinya ke Turki.

Ada juga pilihan mobil sedan selain SUVAda juga pilihan mobil sedan selain SUV Foto: Dok. Web Pemerintah Turki


Mobil nasional Turki itu diperlihatkan pada 27 Desember lalu. Mobil didesain dalam waktu kilat, hanya 18 bulan saja. Mobil bertenaga listrik itu akan memiliki dua pilihan, mulai dari 200 hp dan 400 hp. Mobil bisa berlari dari 0-100 km per jam dalam 7,6 detik dan 4,8 detik tergantung tipe powertrain-nya. Desainnya pun tergolong cantik.



Simak Video "Mimpi Erdogan Terealisasi, Turki Kini Miliki Mobil Listrik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com