Minggu, 05 Jan 2020 18:06 WIB

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga Esemka

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa


4. April

Bulan April ada cukup banyak mobil baru di mana pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 digelar pada bulan ini.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Dadan Kuswaraharja


Hyundai Kona menjadi mobil baru pertama yang meluncur di Indonesia pada bulan April. PT Hyundai Mobil Indonesia menampilkan SUV compact perdananya secara publik di IIMS 2019 JiExpo Kemayoran, pada Kamis (25/4/2019).

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Luthfi Anshori


Selanjutnya DFSK Glory 560 juga mulai diluncurkan secara publik lengkap dengan harganya. Mengisi segmen low SUV 7 penumpang, DFSK Glory 560 tidak hanya menantang Rush-Terios cs. Berkat harga murahnya mobil SUV itu bisa mengusik low MPV seperti Avanza-Xenia cs. DFSK Glory 560 hadir dengan lima tipe. Ada pilihan mesin 1.500 cc Turbo, ada juga yang 1.800 cc non-turbo dengan harga mulai dari Rp 189 juta.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Pradita Utama


Setelah terlahir lima tahun lalu di Indonesia, BMW X5 terus mendapat respons positif. Pelopor model Sport Activity Vehicle (SAV) mewah itu sudah terjual lebih dari 1.300 unit sejak 2014. Hal tersebut membuat BMW Group Indonesia tak memiliki alasan untuk tidak membawa BMW X5 terbaru ke tanah air. Mobil juga dirakit lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: dok. Toyota


PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merek Toyota di Indonesia semakin gencar dengan menambahkan line up mobil hybrid mereka. Pada bulan April All New Toyota C-HR Hybrid diluncurkan sebagai lineup hybrid keempat setelah Prius, Camry dan Alphard.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Agung Pambudhy


Pada bulan ini mobil komersial penumpang juga mengenalkan mobil baru. Penyedia layanan Taxi Bluebird secara resmi mengumumkan penggunaan taksi bertenaga listrik BYD E6 dan Tesla Model X.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Ari Saputra


Wuling pun menambahkan pilihan varian dari Confero ACT dan Cortez CT. Wuling Confero S ACT kini hadir dengan transmisi baru yaitu E-Clutch Management System yang dikembangkan bersama produsen manufaktur kendaraan terkemuka asal Jerman, Schaeffler. Transmisinya tetap manual, tapi pengoperasiannya akan sedikit berbeda dengan transmisi manual sebelumnya. Sementara itu, mobil kedua yang diperkenalkan adalah Wuling Cortez CT. Mobil ini dibenamkan mesin baru yakni 1.500cc turbocharger dengan transmisi CVT 8 percepatan. Mobil memiliki kekuatan 140hp di 5.200 rpm dan torsi 250 Nm di 1.600-3.600 rpm.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Pradita Utama


Mitsubihsi meluncurkan model yang terbatas hanya diproduksi 1.000 unit, yaitu Xpander Limited Edition. Edisi ini diluncurkan untuk merayakan penjualan Xpander yang telah mencapai 100.000 unit. Xpander Limited dipasarkan dalam satu tipe yang berbasis Xpander tipe Ultimate transmisi matik. Mobil hadir dengan warna Quartz White Pearl ditambah sentuhan-sentuhan kosmetik yang membuatnya lebih sporty.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Pradita Utama


Bulan ini Suzuki juga memperbarui mobil pickup legendarisnya, yaitu Carry Pickup. Indonesia menjadi tempat kelahiran generasi baru Carry secara global. Perubahan menyeluruh dilakukan Suzuki pada pikap legendaris andalannya. Mulai dari eksterior maupun interior dan mesinnya. Melihat dimensi Carry terbaru, mobil lebih besar dengan ukuran panjang 4.195 mm. lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.910 mm. Dapur pacunya sendiri sudah menggunakan mesin terbaru yakni K15B yang dikembangkan dari Ertiga dengan tenaga 97 ps @5.600 rpm dan torsi 135 Nm @4.400 rpm. Selain bertenaga, mesin yang sudah standar Euro 4 ini disebut lebih efisien dalam melakukan pembakaran sampai 15 persen.

Lanjut, ada Honda BR-V yang turut bersolek. Dari sisi dapur pacu masih menggunakan mesin yang sama, namun New BR-V mendapatkan sentuhan baru dari sisi eksterior dan interior. Fitur baru One Push Ignition System memberikan kemudahan menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Sementara itu, kenyamanan di dalam kabin ditambah dengan head unit baru 8 inch Floating Capacitive Touchscreen Display Audio.

Mercedes-Benz memboyong dua mobil baru pada IIMS 2019. Dua unit mobil mewah anyar pabrikan Daimler , yakni New B-Class dan GLC AMG Night Edition. New B-Class atau B200 Progressive Line sudah dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Sistem bantuan mengemudi, seperti Active Parking Assist dengan PARKTRONIC dan Active Brake Assist, melengkapi B-Class dengan salah satu standar keselamatan aktif tertinggi di segmennya dengan fungsi serupa yang diadaptasi dari model S-Class.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Dadan Kuswaraharja


Sementara GLC 200 AMG Night Edition sudah dilengkapi beberapa standar tambahan baru, termasuk panoramic sunroof, pencahayaan ambient, sistem suara surround Burmester®, lampu depan LED berperforma tinggi, kontrol iklim otomatis THERMATIC, Active Parking Assist dari PARKTRONIC, kamera mundur, dan open-poreash wood trim hitam dengan lapisan kulit artico hitam.

Mobil asal Inggris juga mendatangka SUV bongsor ke Indonesia di bulan ini. PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) meluncurkan All New Discovery, di Jakarta, Senin (22/5). Kendaraan SUV mewah 7 kursi tersebut dibandrol dengan harga Rp 2,4 miliar.

Mobil Baru Sepanjang Tahun 2019, Avanza hingga EsemkaFoto: Rizki Pratama/detikOto


Bulan April ditutup oleh pabrikan Prancis, Renault yang mendatangkan model baru dari Koleos. Di bawah bendera Maxindo Renault Indonesia, Koleos menawarkan dua varian dengan harga berbeda, Renault Koleos Signature dan Renault Koleos.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com