Rabu, 01 Jan 2020 17:29 WIB

BMW Hanyut Diseret Banjir, Kok Bisa?

Rizki Pratama - detikOto
BMW hanyut terbawa arus banjir. Foto: Istimewa
Jakarta - Di antara sejumlah dokumentasi foto dan video banjir Jakarta ada sebuah mobil BMW 320i yang terseret arus banjir. Anehnya hanya mobil tersebut bernasib malang ketika mobil di sekitarnya tak terseret arus banjir.

Di video terlihat mobil tersebut mengambang bukan bergerak karena roda berputar, melainkan didorong arus air. Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian coba menjelaskan mengapa mobil BMW itu mengapung seperti demikian. Menurutnya ada sebuah dorongan yang menyebabkan mobil terangkat dari permukaan jalan sehingga memudahkan air menyeretnya.



"Karena arus air, kalau sudah kedorong dan ada di atas air sama persis sama namanya hydroplaning," jelas Reza saat dihubungi detikcom, Rabu (1/1/2020).

Penyebab lainnya adalah, Reza memprediksi BMW tersebut sangat kedap air. Jadi ada udara yang mendukung mobil itu mengapung terseret banjir.

"Kaya kedap layaknya kapal dalamnya kedap jadi ringan," ujarnya.



Ia juga mengamati mobil yang tidak terseret. Kebetulan dan untung saja mobil tersebut tidak terangkat sehingga dapat dengan mudah disapu banjir seperti BMW tersebut.

"Kalau yang diam dia butuh gaya awal untuk mengungkitnya," para Reza.

Reza menegaskan bahwa sebaiknya rem tangan jangan pernah dilupakan. Sebab jika tidak tanpa kondisi seperti BMW itu mobil justru semakin mudah hanyut.

"Kalau nggak direm malah tuh roda akan berputar jadi malah ada kemungkinan jalan bisa diarahkan," pungkasnya.
Halaman
1 Tampilkan Semua

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com