Senin, 30 Des 2019 20:08 WIB

Traktor Ini Bisa Ngacir 247 Kilometer per Jam!

Rizki Pratama - detikOto
Traktor Foto: carscoops
Jakarta - Mobil berat satu ini akan mematahkan segala asumsi anda. Biasanya mobil berat tak dapat dikebut tapi yang satu ini bisa membuat adrenalin terpacu melihat kecepatannya memecahkan rekor Guinness World Records tahun ini.

Mobil berat berjenis traktor ini dikemudikan oleh pembalap sepeda Guy Martin. Traktor yang dimodifikasi ini memecahkan rekor dunia 217,568 kpj. Tidak hanya itu traktor bernama Fastrac Two ini juga memiliki kecepatan maksimal 247 kpj.



Kecepatan ini juga mengalahkan rekor traktor sebelumnya yang menggunakan traktor FastC JCB. Traktor tercepat sebelumnya dan saat ini dibuat oleh orang yang sama. Traktor terbaru dibuat karena merasa pencapaian pertamanya kurang memuaskan, yakni 166 kpj.

Membuat traktor mampu melesat dengan kecepatan seperti ini memerlukan banyak perhitungan rancang bangunnya. Tidak seperti kebanyakan traktor, yang satu ini bertumpu pada kehebatan dari suspensi depan dan belakang agar dapat membuat kendaraan berat ini melaju cepat dengan baik.

Dapur pacu traktor ini menyimpan tenaga 1.016 hp pada 3.150 rpm dan torsi 2.500 nm dalam mesin diesel turbo 6 silinder yang dimodifikasi. Traktor untuk memecahkan rekor ini memiliki turbo lebih besar daripada stok standarnya.



Untuk meningkatkan kemampuannya traktor ini juga ditambahkan supercharger agar putaran turbo terjadi di putaran rendah. Sistem pendingin udara menggunakan tangki es demi mengurangi peningkatan suhu sebesar 50 derajat celcius.

Selain dapur mesinnya rancangan eksterior traktor ini juga penting dalam mendapatkan kecepatan penuhnya. Sistem aerodinamis sudah menjadi tanggung jawab Williams Advanced Engineering. Girboksnya menggunakan transmisi manual 6 percepatan dari ZF. Oleh karena itu tidak perlu kaget jika traktor ini bisa melesat secepat itu.

Simak Video "Traktor 'Siluman' Made in Kebumen"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com