Senin, 30 Des 2019 13:53 WIB

Cerita Mobil Nasional Turki yang Kandas 60 Tahun Lalu

Ridwan Arifin - detikOto
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melihat mobil Devrim saat peluncuran mobil listrik TOGG. Foto Istana Kepresidenan Turki
Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi membuka selubung prototipe dari mobil listrik nasional pertamanya pada Desember 2019. Namun perjalanan panjang untuk membuat mobnas dimulai dengan Devrim (Revolusi) di 1961.

Keinginan Turki untuk memiliki mobil nasional sudah ada sejak era kepemimpinan Cemal Gürsel. Devrim menjadi mobil pertama yang dikembangkan dan diproduksi Turki sendiri. Menjadi simbol dan mimpi di awal tahun 1960-an untuk membuktikan bahwa Turki dapat memproduksi seluruh mobil di dalam negeri.

Pada Juni 1961, Cemal Gürsel mengumumkan misinya untuk mengembangkan mobil berdiri di atas kaki sendiri, ia kemudian bertemu dengan Militer Turki untuk membuat mobil yang cocok di jalan raya.


Misi mobil nasional tersebut akhirnya dijalankan oleh National Railways of The Republic of Turkey (TCDD). Sebuah tim yang dipaksa untuk membuat mobil nasional dalam waktu yang sangat pendek. Baik dari desain, mesin hingga girboks sekalipun.

Yap, jangka waktu yang diberikan bahwa mobil harus selesai pada 29 Oktober 1961, tepat di hari perayaaan Republik Turki. Dalam kata lain, tim harus membuat mobil nasional dalam waktu 4,5 bulan. Projek ini kemudian dipimpin oleh Insinyur Emnin Bozoglu.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com