Minggu, 29 Des 2019 11:23 WIB

Mobil Listrik Nasional Turki Meluncur Tahun 2022

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Kantor Istana Presiden Turki via Reuters
Jakarta - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan membuka selubung prototipe dari mobil listrik nasional model SUV dan sedan. Ia mengumumkan secara resmi proyek mobil nasional yang menelan investasi hingga sebesar USD 3,7 miliar ini bakal dilepas ke pasar pada 2022.

Konsorsium mobil domestik ini disebut dengan Turkey's Automobil Initiative Group (TOGG) yang didirikan pada pertengahan tahun 2018. Proyek ini disokong oleh Anadolu Group, BMC, Kok Group, Turkcell dan Zorlu Holding.

Tayyip Erdogan mengatakan bakal masuk antrian sebagai calon pembeli pertama ketika pesanan dibuka. Mobil listrik nasional Turki ini rencananya bakal dilepas ke pasar pada tahun 2022.



"Kami menyaksikan hari bersejarah, mewujudkan mimpi 60 tahun. Saya tahu bahwa orang-orang kami tidak sabar menunggu hari itu, untuk dapat memiliki mobil ini," ujar Erdogan seperti dikutip Euronews.

Lebih lanjut, mencuplik dari motor1, Minggu (28/12/2019) mobil listrik yang bakal meluncur pada tahun 2022 adalah C-SUV.


Peluncuran ini bukan tanpa sebab, selain pembanguna yang baru selesai di tahun 2021 juga berkaitan dengan infrastrukur. CEO TOGG, Gurcan Karakas menyoal pengisian baterai yang tersedia di Turki. "Infrastruktur untuk pengisian mobil akan selesai di tahun 2022," kata Karakas.

Simak Video "Mimpi Erdogan Terealisasi, Turki Kini Miliki Mobil Listrik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com