Minggu, 29 Des 2019 08:21 WIB

Produsen Mobil, TV sampai Operator Seluler Bersatu Buat Mobnas Turki

Rizki Pratama - detikOto
Mobil nasional Turki Foto: TOGG
Istanbul - Turki mewujudkan impian mereka punya mobil nasional. Mobil itu digarap oleh konsorsium perusahaan besar Turki dan beberapa di antara mereka dikelola oleh keluarga kaya raya Turki.

Mobil listrik nasional Turki, digarap oleh konsorsiumTurkey's Automobil Initiative Group (TOGG) yang didirikan pada pertengahan tahun 2018. Proyek ini disokong oleh Anadolu Group, BMC, Kok Group, Turkcell dan Zorlu Holding. Jika melihat nama-nama perusahaan kita akan melihat betapa beragamnya spektrum usaha perusahaan pembentuk konsorsium ini.



Seperti dilansir Reuters, Minggu (29/12/2019), 3 perusahaan Anadolu Group, BMC dan Kok Group adalah perusahaan yang sudah terkenal memproduksi komponen kendaraan untuk mobil-mobil yang dipasarkan di Turki. Sementara Turkcell adalah Telkomselnya Turki, sedangkan Zorlu Holding adalah induk dari perusahaan pembuat TV, Vestel.

CEO TOGG adalah mantan eksekutif Bosch, Gurcan Karakas dan chief operating officer-nya adalah mantan CEO General Motors Korea, Sergio Rocha. Proyek ini akan menerima banyak bantuan dan kemudahan dari negara seperti keringanan pajak dan pembangunan fasilitas produksi di pusat otomotif di barat laut Turki. Pernyataan tersebut disampaikan dalam siaran pers resmi negara tersebut.

Perusahaan ini ditunjuk langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang selama ini bercita-cita membuat mobil made in Turki. "Saya ingin menjadi konsumen pertama mobil, saya akan membayarnya," ujar Erdogan.

Simak Video "Mimpi Erdogan Terealisasi, Turki Kini Miliki Mobil Listrik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com