Rapor Uji Tabrak Toyota Corolla Altis

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 28 Des 2019 07:42 WIB
Toyota Corolla Altis Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Toyota Corolla Altis telah resmi melenggang di jalanan Indonesia. Mobil sedan ini hasil produksi pabrik Toyota di Thailand untuk pasar Asia Tenggara ini baru saja menyelesaikan tahapan uji tabraknya di New Car Assessment Program (NCAP) Asia Tenggara. Bagaimana hasilnya?

Seperti biasa ada tiga kategori penilaian utama yang diakumulasikan sebagai hasil akhir. Pertama ada keamanan untuk penumpang dewasa, keamanan untuk penumpang anak-anak, dan fitur-fitur keselamatan yang dimiliki mobil.



Pada penilaian penumpang dewasa, mobil ini memberikan perlindungan yang sangat baik. Tidak ada titik fatalitas pada tubuh yang cukup berbahaya dapat terjadi ketika terjadi tabrakan dari depan atau samping terhadap penumpang. Di kategori ini Corolla Altis mendapatkan nilai 33,71 dari poin maksimal 36.
Toyota Corolla AltisToyota Corolla Altis Foto: Pool (Toyota Corolla Altis)


Begitu pula pada penumpang anak-anak atau balita. Hasil uji tabrak menunjukkan perlindungan yang terjamin. Saat impak terjadi dari depan dan samping, mobil ini memberikan perlindungan terbaiknya. Untuk indikator ini Corolla Altis mendapat skor 43,80 dari nilai maksimal 49.

Toyota AltisToyota Altis Foto: Toyota


Indikator penilaian terakhir, fitur keselamatan mobil ini hampir sempurna. Untuk pasar Indonesia mobil ini dibekali ABS (Antilock Braking System), ESC (Electronic Stability Control), sensor blindspot, serta fitur pembantu yang menjaga mobil menghindari tabrakan dengan mobil atau benda lain. Untuk pengingat sabuk pengaman hanya menyertai peringatan kepada penumpang depan. Hasil akhir penilaian untuk fitur 13.89 dari maksimal 18.



Dengan capaian itu semua, ASEAN NCAP memberikan bintang lima kepada sedan yang berharga Rp 468 juta ini.

Simak Video "Sstt! Bukan Hanya Avanza, Toyota Juga Bakal Hadirkan Innova Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)