Jumat, 20 Des 2019 19:47 WIB

Apa Hebatnya Mobil Amerika Murah Milik Artidjo?

Rizki Pratama - detikOto
Artidjo Alkotas Foto: Ari Saputra
Jakarta - Artidjo Alkotas baru saja dilantik sebagai salah satu anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Laporan harta bergerak mantan hakim agung ini tercatat memiliki nilai sebesar Rp 105 juta yang mana di antaranya adalah Chevrolet Spark tahun 2004 dengan nilai Rp 40 juta.



Pria ini pun memiliki kisah menarik saat akan meminang Chevrolet Spark tersebut ke garasinya. Dalam buka 'Alkotsar, Sebuah Biografi' diceritakan bahwa ia membeli mobil tersebut setelah mendapat Rp 60 juta dari Mahkamah Agung untuk membeli mobil. Rekan se kontrakannya, Ari sempat mengisengi Artidjo dengan menggiringnya ke diler mobil Amerika mahal yang notabene tak sesuai anggarannya.

Chevrolet SparkChevrolet Spark Foto: Dony Indra Ramadhan


Singkat cerita, dengan uang Rp 60 juta tadi Artidjo akhirnya membawa pulang Chevrolet Spark berkelir perak ditambah tabungannya Rp 20 juta. Lantas apa ada yang bisa dibanggakan dari mobil mungil Amerika ini?

Spark merupakan sebuah mobil perkotaan atau lebih dikenal dengan city car bergaya sporty yang mana kerap kali menjadi simbol anak muda. Ini adalah generasi pertama spark dan pada zaman tersebut mobil ini diimpor secara utuh dari Korea Selatan.



Chevrolet Spark menggunakan mesin ecotec 1,4L DOHC dengan 4 silinder. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga mencapai 98 ps dengan torsi 124 ps. Mobil ini juga telah mengusung fitur keselamatan seperti EBS, EBD, Hill Start Assist, dan Electronic Stability Control.

Dari sisi kenyamanan, kabin Chevrolet Spark memiliki ruang yang cukup lapang. Selain itu, jok pengemudi juga bisa diatur tinggi rendahnya. Untuk jok bagian belakang, bisa menjadi rata apabila membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Pada bagian hiburan, Chevrolet Spark memiliki layar dengan ukuran 7 inci. Audio sistemnya menggunakan mylink multimedia. Di bagian setir, sudah terdapat tombol-tombol seperti tombol volume audio, pemindahan lagu, hingga voice control.

Kini Chevrolet Spark di Indonesia sudah ditawarkan generasi kedua yang mana napasnya akan berhenti sampai waktu yang tidak ditentukan. Sebelum penjualannya di Indonesia tutup, Chevrolet Spark dijual dengan harga cuci gudang Rp 165 juta.

Simak Video "Artidjo Diusulkan jadi Dewas KPK, Ini Respons Agus Rahardjo"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com