Senin, 16 Des 2019 20:24 WIB

Honda Jazz Mau Disuntik Mati di Negara Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dok. PT Honda Prospect Motor
Jakarta - Honda sudah meluncurkan generasi Jazz generasi terbaru dalam ajang Tokyo Motor Show 2019. Namun negara tetangga, Australia menyebut belum ada rencana menghadirkan model tersebut ke wilayahnya.

"Jazz saat ini kami belum bisa memberikan banyak kabar," ujar Direktur Honda Australia, Stephen Collins seperti dikutip dari CarAdvice, Senin (15/12/2019).



Terlebih city car susah bersaing di negeri kanguru karena kalah populer. Warga Australia lebih suka model sport utility vehicle (SUV).

Hal tersebut berkaitan dengan penjualan mobil city car yang terus merosot di negeri kanguru tersebut. Dalam data industri VFACTS disebutkan penjualan mobil ringan turun 16,9 persen tahun ini. Sementara segmen city car hanya ada 6 persen dari total penjualan di pasar.



Collins menyebut dengan city car yang sekarang perlu dilengkapi dengan fitur keselamatan dan konektivitas tingkat tinggi, pabrikan berjuang untuk membuatnya cukup murah untuk dijual dengan harga terjangkau sambil menutupi biaya produksi.

Masalah diperkuat oleh nilai tukar yang tidak menguntungkan, dengan ongkos rendah seperti itu.



"Ini adalah masalah bisnis di mana mobil jenis city car kurang mempunyai kontribusi yang baik. Memang tidak mudah, namun kami sangat sadar akan hal itu, ini tantangan," kata Collins.

Honda Australia saat ini masih memasarkan Honda Jazz sampai akhir 2019, penjualan hanya untuk menghabiskan stok unit tersisa. Untuk model generasi terbaru masih dalam tahap diskusi lebih lanjut.

Simak Video "All New Honda Jazz Melantai di Ajang Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com