Jumat, 13 Des 2019 21:15 WIB

Nissan Leaf Dijual Tahun Depan, Toyota Tak Mau Ketinggalan

Ridwan Arifin - detikOto
Nissan Leaf Foto: Ari Saputra Nissan Leaf Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mobil listrik berbasis baterai atau Baterry Electric Vehicles (BEV) belum ada pabrikan yang resmi menjualnya di Indonesia. Namun Nissan memastikan bakal memboyong mobil murni listrik miliknya, Nissan Leaf di tahun 2020.

Sebelumnya Wakil Presiden PT. Toyota Astra-Motor (TAM) Henry Tanoto menyebut pengenalan produk elektrifikasi akan terus digenjot Toyota di Tahun 2020. Bahkan ia menyebut model mobil listrik lainnya, tidak hanya hybrid.


"Kita doa saja semoga tahun depan kita bisa menghadirkan battery EV (electric vehicles) ke Indonesia," tuturnya di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy tidak menampik bahwa kehadiran produk dari kompetitor seperti Nissan Leaf bahkan DFSK Glory E3 merupakan dorongan untuk melahirkan mobil listrik berbasis baterai.


"Kompetisi salah satu faktor, tapi saya rasa faktor utama Toyota adalah edukasi pasar," kata Anton.

"Karena kan itu juga salah satu permintaan pemerintah ke kami, dan rasanya Toyota secara global juga sudah mulai banyak mengeluarkan produk-produk baru lagi," kata Anton.


"Kayak misalnya di Cina, mereka kan akan meluncurkan beberapa model baik Toyota maupun Lexus, jadi saya rasa (persaingan) itu berpengaruh ke global," pungkasnya.

Namun saat disinggung modelnya dari mobil battery electric vehicle yang bakal dijual di Indonesia. ia masih menutup informasi rapat-rapat.

"BEV terus terang masih kita pelajari, belum ada kepastian dari prinsipal 100 persen belum ada," ujar Anton.

Simak Video "Canggih! VW Ciptakan Robot Powerbank untuk Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com