Kamis, 12 Des 2019 14:28 WIB

Mobil Esemka Jadi Paling Dicari di Google

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jokowi saat duduk di mobil Esemka bulan September lalu Foto: Istimewa/Setpres
Jakarta - Google merilis daftar pencarian paling populer sepanjang tahun 2019. Dan coba tebak, mobil Esemka merupakan salah satu pencarian populer di kategori peristiwa nasional di Indonesia.

Mengutip situs Google Trends, mobil Esemka masuk urutan ke-8 kategori peristiwa nasional dengan penelusuran paling tinggi pada bulan September lalu, bertepatan saat peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang berlokasi di Desa Demangan, Boyolali. Mobil yang diperlihatkan ke publik saat itu adalah mobil pikap Esemka Bima.



"Tadi saya dengan Pak Menperin telah mencoba mobil pikap produksi PT Esemka yang diberi nama Bima. Ini 1.200cc, dari awal saya melihat assembly line, tadi ada finishing line, ada juga pengerjaan mesin, proses-proses di sini, nanti perlu dilihat semuanya," ujar Jokowi di PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Esemka Bima memiliki kelir putih di bagian bodi, sementara grille depannya dicat hitam. Dalam brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm.

Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.

Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya beberapa waktu lalu menyebut mobil Esemka ini baru akan diperkenalkan pada wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya saja. Demi menjamin kualitas aftersales.

"Esemka Bima Baru akan dipasarkan di Jawa Tengah sekitarnya. Dan saya rasa kita masih di Jawa tengah, Jawa Timur, Jawa Barat juga ada, agar masih bisa dikontrol bengkel rekanan kami," katanya.

Mobil Esemka Jadi Paling Dicari di Google Foto: Google


Simak Video "Sandiaga Tertarik Beli Mobil Esemka"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com