Beli Mobil Kredit Tak Selamanya Rugi, Ini Alasannya

Faidah Umu Sofuroh - detikOto
Rabu, 11 Des 2019 14:42 WIB
Foto: shutterstock
Jakarta - Banyak yang beranggapan membeli mobil secara kredit akan merugikan. Sebab, akan menambah pengeluaran tiap bulan karena cicilan. Belum lagi biaya perawatan mobil yang juga harus diperhatikan.

Namun, tak selamanya membeli mobil secara kredit membuat rugi jika kamu punya alasan dan strategi khusus dalam mengatur keuangan seperti di bawah ini.

Jarak Rumah dan Kantor yang Jauh

Jarak rumah yang terlalu jauh dari tempat kerja bisa menjadi alasan yang tepat untuk kamu membeli mobil. Apalagi jika uang transportasi yang dikeluarkan tiap hari sama saja atau bahkan jauh lebih besar dari uang cicilan mobil.


Menghirup asap kendaraan umum saat berangkat dan pulang kerja juga pasti akan mengganggu kesehatan. Sehingga lebih baik untuk menggunakan transportasi pribadi untuk menghindari paparan karbon monoksida yang berlebihan setiap hari.

Sudah Punya Uang 30% dari Harga Mobil

Uang Down Payment (DP) mobil biasanya berada di kisaran 20-30% dari harga mobil. Nah, jika kamu sudah memiliki uang tunai sebesar itu, kamu bisa dinyatakan siap untuk membeli mobil baru secara kredit. Setidaknya, dengan membayar DP yang lebih besar akan meringankan beban cicilan bulanan.

Cicilan Rumah dan Lainnya Sudah Lunas

Jika kamu masih memiliki cicilan rumah atau cicilan barang-barang yang lain, lebih baik berpikir dua kali untuk membeli mobil kredit, karena itu akan menambah beban cicilan bulananmu. Kecuali, jika cicilan rumah ditambah cicilan mobil besarnya tidak melebihi 30% dari pendapatanmu. Kamu bisa memulai untuk mengangsur mobil idamanmu.

Punya Banyak Anggota Keluarga

Jika kamu memiliki anggota keluarga lebih dari 2, ini menjadi alasan yang pas untuk membeli mobil atau mengganti mobil lamamu dengan yang baru. Sebab, akan merepotkan jika harus menggunakan transportasi umum ketika hendak berekreasi atau mudik Lebaran. Untuk kamu yang memiliki anak balita, mobil juga bisa membantumu memberikan kenyamanan perjalanan untuk si kecil.

Pelajari Lembaga Pembiayaan Kredit

Sebelum membeli mobil, kamu harus terlebih dahulu mempelajari atau mencari informasi tentang lembaga-lembaga pembiayaan untuk kredit mobil. Carilah lembaga kredit dengan reputasi baik.

Jika tidak, kamu justru harus membayar dengan jumlah yang jauh lebih besar karena bunga yang harus dibayar terlalu tinggi. Cermati juga syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum memutuskan untuk melakukan transakasi.


Salah satu lembaga pembiayaan yang menyediakan jasa kredit mobil yang sudah terjamin yaitu BCA Finance. Pada semester kedua 2019, BCA Finance menurunkan suku bunga kredit mobil yang baru. Dengan penurunan suku bunga ini, pembeli bisa lebih ringan dalam membayar cicilan mobil.
Beli Mobil Kredit Tak Selamanya Rugi, Ini AlasannyaFoto: BCA Finance

Tak hanya itu, BCA Finance juga menawarkan DP yang sangat ringan. Jadi, bila sebelumnya DP yang diminta untuk dapat menggunakan bunga tersebut adalah DP 25%, sekarang dengan DP 20% dapat mengunakan suku bunga yang sama.

Nah, jika kamu sudah memiliki alasan-alasan dan strategi pengeluaran yang baik seperti di atas, tak perlu ragu lagi untuk membeli mobil kredit lewat BCA Finance. (ega/lth)