Rabu, 11 Des 2019 13:02 WIB

16 Tahun Avanza

Kilas Balik Awal Kelahiran Avanza

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Avanza. Foto: Rengga Sencaya


Toyota menyebut Avanza dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. Sebelum menelurkan Avanza, Toyota melakukan survei untuk memastikan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan keluarga. Demi memastikan hal itu tercapai, tim Toyota secara langsung turun ke lapangan hingga pelosok daerah, dengan tujuan mendapatkan informasi paling akurat.

Hasil suerveinya, masyarakat menginginkan mobil dengan harga terjangkau di bawah harga Kijang saat itu. Selain itu, kapasitas yang mampu menampung seluruh anggota keluarga menjadi penting..



Selain itu, dari pengamatan yang dilakukan diperoleh masukan berharga. Dimensi bodi Avanza harus ringkas tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai mobil keluarga karena banyak calon pembeli Avanza saat itu yang memiliki rumah di wilayah dengan jalan yang kecil dan area garasi terbatas.



Daya tahan kendaraan juga menjadi poin penting karena kultur masyarakat yang memposisikan kendaraan sebagai prioritas jangka panjang. Rata-rata, masyarakat menggunakan mobil hingga 5-10 tahun tanpa kendala berarti dan ketika dijual, kendaraan tersebut tidak mengalami penurunan harga yang signifikan.

Kini, Avanza sudah genap 16 tahun muncul di Indonesia. Hampir 2 juta unit Avanza sudah mengaspal di jalanan Indonesia.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com