Senin, 09 Des 2019 08:43 WIB

Ternyata Mobil Terbang Sudah Ada Sejak 1949, Kini Dilelang Rp 14 M

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - Taylor Aerocar telah memproduksi mobil terbang pertama dan menjualnya. Secara teknis ini adalah sebuah pesawat terbang yang bisa dipakai di jalan, namun rancangan kokpit yang sangat kental dengan bentuk mobil ini rasanya tak salah pula disebut sebagai mobil terbang.

Pada saat melaju di darat perangkat terbang mobil ini dapat dilipat menjadi sebuah bentuk trailer yang ditarik oleh mobilnya. Meski tak memiliki tenaga cukup besar, mobil terbang Taylor Aerocar ini menawarkan sebuah desain yang cukup menggemaskan untuk sebuah mobil sekaligus pesawat terbang.

Ternyata Mobil Terbang Sudah Ada Sejak 1949, Kini Dilelang Rp 14 MFoto: Istimewa




Dibuat pada tahun 1949, Aerocar adalah kendaraan legal di jalan dan bersertifikat FAA. Hanya 5 dari model ini yang pernah dibuat dan salah satunya dilelang pada bulan Januari 2020. Rumah lelang Barrett-Jackson memperkirakan nilai kendaraan ini bisa melebih USD 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar.

Ternyata Mobil Terbang Sudah Ada Sejak 1949, Kini Dilelang Rp 14 MFoto: Istimewa


Mobil ini pada masanya gagal bersinar karena tidak berhasil mendapatkan pendanaan yang diharapkan. Mobil ini sempat terpesan 500 unit namun gagal di tengah jalan sehingga hanya 5 unit yang dibuat.



Kendaraan unik ini sudah menempuh jarak 24 ribu km dengan sekitar 780 jam terbang. Seperti yang dikatakan sebelumnya, mobil terbang ini tidak memiliki tenaga yang begitu besar. Hanya mengusung mesin pesawat 5.2L Lycoming, dapat melaju di udara sejauh 480 km dengan kecepatan 160 km/jam saja. Di darat, sebagai mobil dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 96 km/jam.

Untuk melipat peralatan terbang mobil ini dikatakan perlu waktu selama setengah jam hingga dapat dikendarai.

Ternyata Mobil Terbang Sudah Ada Sejak 1949, Kini Dilelang Rp 14 M


Simak Video "Detik-detik Mobil 'Terbang' Hantam Pejalan Kaki di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com