Sabtu, 07 Des 2019 11:52 WIB

Masa Depan Jual Beli Mobil Online di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Shutterstock
Jakarta - Tak dapat dipungkiri transaksi jual beli melalui platform digital semakin mendapatkan tempat di konsumen di Indonesia. Selain produk untuk kebutuhan pokok, pembelian mobil pun kini sudah dapat dilakukan secara online.

Saat ini sudah ada beberapa platform penjualan mobil secara online di Indonesia. Meski belum terlalu umum untuk orang Indonesia, perlahan penjualan di situs mobil online ini mulai dilirik karena menawarkan berbagai kemudahan layaknya membeli produk lain. Namun, tak dapat dipungkiri mobil yang harganya relatif mahal masih menimbulkan keraguan untuk transaksi tanpa ada pertemuan secara langsung.

"Sekarang trennya mulai berubah ke arah digital rata-rata. Kita lihat sekarang memang belum familiar di Indonesia cuma kita yakin ke depan akan growth lebih besar lagi. Seperti kita lihat semua bisnis mengarah ke digital khususnya di kota besar. Punya kesibukan tentunya untuk membeli kendaraan dengan penawaran dan kesepakatan terbaik nggak mungkin datangin tiap merchant satu-satu. Jadi kita datang sebagai solusi, biar kita memilihkan yang terbaik," jawab Vice President Mobilkamu, Feliks Aditya kala ditemui detikcom di Cilandak, Jakarta Selatan.



Perusahaan tersebut cukup percaya jika merefleksikannya dengan pasar digital secara umum. Cepat atau lambat, kepercayaan konsumen melakukan transaksi pembelian mobil tanpa ke dealer langsung akan bertumbuh.

"Lihat saja tren e-commerce 5-10 tahun lalu tidak ada yang beli online tapi sekarang semua percaya berarti ke depan kita yakin ada kepercayaan lebih banyak lagi untuk beli motor dan mobil juga online," timpal Chief Operating Officer Mobilkamu, Kalen Iselt di kesempatan yang sama.

Salah satu metode yang menjamin kepercayaan konsumen dalam bisnis penjualan mobil online adalah transparansi. Mobilkamu meyakinkan bahwa setiap proses pembelian hingga kendaraan diterima didapat oleh konsumen.


Masa Depan Jual Beli Mobil Online di Indonesia


"Di Mobilkamu kita transparan dari awal hingga akhir, dari awal proses pemesanan sudah menggunakan surat pemesanan elektronik, di mana konsumen bisa review lagi apakah isi pemesanan sudah sesuai atau tidak. Tanda tangan sudah digital itu bisa cek sendiri lewat handphonenya, nanti lewat email juga bisa cek. Di sana setiap update bisa lihat kalau ada yang tidak sesuai bisa langsung dibalas," imbuh Relation Manager Mobilkamu, Rizka Novia.

"Kepercayaan itu bagaimana konsumen berhubungan langsung dengan perusahaannya sendiri, kalau sudah bisa akses langsung pasti merasa aman karena tau ke mana bicara," tambahnya.




Simak Video "Minibus Terbakar di Tol Cawang Arah Priok"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com