Rabu, 04 Des 2019 10:30 WIB

Mobil Listrik Masih Mahal? Ada Nih yang Rp 90 Jutaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mobil listrik saat ini memang harganya masih mahal. Di Indonesia saja mobil listrik harganya sampai miliaran rupiah. Begitu juga di beberapa negara di dunia.

Materialnya yang tak murah membuat harga mobil listrik masih mahal. Namun ternyata ada juga lho mobil listrik yang harganya murah. Di Rusia, ada mobil listrik termurah, namanya Zetta. Mobil listrik Zetta yang dijual di negara itu berbanderol US$ 7.000 atau setara Rp 98 jutaan.



Kalau di Indonesia, mobil murah seperti LCGC saja sudah tembus Rp 100 juta lebih. Namun di Rusia mobil listrik ini dibanderol di bawah Rp 100 juta.

Mobil Listrik Masih Mahal? Ada Nih yang Rp 90 JutaanFoto: Istimewa


Zetta adalah mobil listrik yang bisa menampung 4 orang penumpang. Dengan tenaga 46 daya kuda dan jangkauan jarak 200 km sekali ngecas penuh, mobil listrik ini bisa berlari sampai 120 km/jam.



Di Rusia, pabrikannya mengatakan bahwa Zetta menyerap 99% komponen lokal. Satu-satunya bagian yang harus diimpor dari China adalah baterai.

Produsen mobil Rusia itu berencana untuk mengekspor dua pertiga kendaraannya ke luar negeri. Jumlah pastinya belum diumumkan.

Zetta akan diproduksi di Tolyatti, tempat markas AvtoVAZ, pabrikan merek mobil Lada di Rusia. Mobil ini akan dijual massal pada 2020 mendatang.

Simak Video "Masih Terbatas, Mitra Terbaik Bisa Kemudikan Kendaraan Listrik Grab"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com