Selasa, 26 Nov 2019 18:46 WIB

Kemenperin Sebut Honda Sangat Potensial Kembangkan Mobil Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Honda e Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, mengatakan Honda paling potensial menggarap pasar kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.



"Honda komitmen investasi Rp 5,1 triliun. Dan yang paling potensial masuk ke electric vehicle kalau kita (boleh) jujur, itu adalah Honda. Karena pasarnya sudah cukup tinggi. Nah sehingga masuk ke electric vehicle itu sangat make sense. Sehingga itu yang kami dorong," kata Putu di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Seperti diketahui, Honda menjadi salah satu raksasa Jepang selain Toyota Group, yang berkomitmen berinvestasi di Indonesia. Honda akan menggelontorkan dana sekitar Rp 5,1 triliun.



Namun Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, pernah mengatakan bahwa dana sebesar itu saat ini hanya untuk pengembangan model baru, belum termasuk elektrifikasi.

"Dalam Rp 5,1 triliun itu tidak ada elektrifikasi. Kami sudah memikirkan tapi belum memutuskan untuk elektrifikasi. Studi sudah jalan, penerapan elektrifikasi harus penuh pertimbangan karena harus memikirkan mana yang cocok untuk konsumen, kami banyak opsi untuk elektrifikasi, dan kami akan segera ambil action-nya," ujarnya.



Dilanjutkan Putu, Honda berencana akan memberdayakan dan meningkatkan R n D (Research and Development) di bidang komponen. Untuk tahap awal targetnya memang seperti itu, namun Putu berkata Honda bisa melangkah lebih jauh ke pengembangan mobil listrik.

"Ya nanti, sekarang mereka kan sedang mencoba. Nanti kalau itu (sukses), pasti ada injeksi lagi. Kalau dia memang mau ke sana (EV)," kata Putu.

Di global sendiri, Honda memang sudah memiliki berbagai jenis kendaraan elektrifikasi mulai dari hybrid seperti HR-V hybrid yang sudah dijual di beberapa negara, listrik murni seperti Honda e, sampai hidrogen Honda Clarity FCV.

Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com