Senin, 25 Nov 2019 12:20 WIB

Penjualan Mobil Bisa Naik 5% Kalau 3 Faktor Ini Terpenuhi

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan pasar otomotif tahun depan akan tumbuh sebesar 5%. Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi agar target tersebut tercapai.

"Gaikindo kan menyebutkan penjualan mobil akan naik 5 persen, semua lihat pasar ke depan, asal pertumbuhan ekonomi naik, infrastruktur bagus, pendapatan per kapita bagus," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy ditemui di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Kenaikan penjualan itu sebelumnya disampaikan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. "Tahun depan kami berharap tetap bisa tumbuh walau tidak terlalu besar. Kami harap 5 persen tahun depan," katanya.



Tahun depan situasi politik lebih stabil dan tenang dan pembangunan tetap jalan. Tantangan pasar otomotif Indonesia tahun 2020 menurut Nangoi justru datang dari luar negeri. Kondisi ekonomi global diharapkan tidak memberikan dampak besar pada perekonomian Indonesia di tahun 2020 nanti sehingga target tumbuh 5% dapat tercapai.

Hingga bulan Oktober lalu, penjualan mobil di Indonesia mencapai 849.609 unit, dengan penjualan diprediksi akan mencapai 1 juta unit sampai akhir tahun.
Toyota sejauh ini masih menjadi jawaranya dengan penjualan 276.657 unit disusul Daihatsu 150.518 unit, Mitsubishi 136.504 unit, Honda 111.824 unit, Suzuki 80.190 unit.



Simak Video "Wajah Anyar Honda BeAT, Punya Desain dan Fitur Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com