Minggu, 24 Nov 2019 10:04 WIB

Avanza Kuasai 30 Persen Pasar Mobil Low MPV Jabodetabek

Alfi Kholisdinuka - detikOto
Foto: Alfi Kholisdinuka Foto: Alfi Kholisdinuka
Bekasi - Toyota Avanza telah dikenal sebagai mobil sejuta umat di Indonesia. Sejak dikenalkan pada tahun 2003 kendaraan satu ini dikatakan memiliki daya tahan yang sangat tinggi yang membuat nyaman penggunanya hingga menjadi nama teratas dalam pertimbangan konsumen.

Di wilayah penjualan DKI 1 yang meliputi Jabodetabek saja, Toyota Avanza pun banyak dilirik. Setidaknya ada 30 persen pangsa pasar mobil low MPV yang diisi oleh Toyota Avanza untuk wilayah ini.

"Kontribusi penjualan dari data kami DKI 1 Avanza total itu kurang lebih 20-26%, tergantung dilernya. Tapi total di atas 20% tetap yang paling dominan itu Avanza," kata Operation Manager Toyota Astra Motor Wilayah DKI 1 Biyouzmal, di Bekasi Minggu (24/11/2019).


Menurut Biyouzmal, secara persentase pangsa pasar Avanza pun tetap menjadi market leader. Meski tidak menutup kemungkinan di beberapa wilayah, diakuinya, ada yang rendah. Namun, Avanza tetap menjadi pilihan utama.

"Kalau market share masih di atas 30% masih nomor satu lah di antara kompetitor, memang ada beberapa wilayah yang memang kita rendah. Tapi di beberapa wilayah lain kita juga strong. Total tetap nomor satu," jelasnya.

Selama tahun 2019 ini terhitung dari Janurai hingga Oktober, dia menuturkan Avanza telah terjual sebanyak 2100 unit untuk wilayah Jabodetabek. Dia optimistis selama dua bulan terakhir penjualannya bisa sampe 2500-an.

"Only Jabodetabek sampe Oktober. Total sekitar 2.100-an. Tahun depan karena prediksi marketnya sama, kurang lebih flat aja sama, jadi mungkin tahun ini bisa ke 2.500-an. Karena Avanza belum ada perubahan jadi kami coba tetap pertahankan di angka itu," ungkapnya.


"Tahun 2020 nanti kita juga tetap ada target dalam setahun, apa yang kita capai di 10 bulan, kita akan kejar di dua bulan terakhir agar kita tetap mem-positioning, kita tetap nomor 1 terutama untuk Avanza dan menjaga kontribusi dan market share di masing masing wilayah," tandasnya.

Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com