Selasa, 19 Nov 2019 14:44 WIB

Merek Mobil Jepang Kucurkan Investasi Puluhan Triliun untuk RI

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Merek-merek otomotif Jepang akan terus berinvestasi di Indonesia, total bakal ada puluhan triliun masuk ke industri otomotif tanah air.

"Kami mendapat laporan tentang rencana ekspansi dari Toyota Group sebesar Rp 28,3 triliun. Ini termasuk pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (19/11/2019).

Kemarin, Senin (18/11/2019), Menperin Agus melakukan one on one meeting secara maraton dengan delapan korporasi asal Negeri Sakura di Tokyo, Jepang, seperti Nippon Steel, Nippon Shokubai, AGC Inc, dan Toyota Group.


Selain itu Agus juga bertemu dengan direksi Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Daihatsu Motor Corporation, Hino Motor, Suzuki Motor Corporation, Isuzu Japan, dan Honda Motor.

Khusus untuk Toyota, investasi puluhan triliun itu direalisasikan dalam periode lima tahun, yakni 2019-2023 untuk mengembangkan bisnis di Indonesia. Di samping itu, Honda menyampaikan akan merealisasikan investasi sebesar Rp5,1 triliun pada periode 2019-2023 di Indonesia.

"Investasi tersebut untuk model baru dan pendalaman industri, lokalisasi dan sebagainya. Karena memang salah satu nilai positif dari Honda adalah menempatkan pusat penelitian dan pengembangannya di Indonesia," papar Menperin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Eks Mensos Agus Gumiwang Jadi Menteri Perindustrian?"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com