Selasa, 12 Nov 2019 15:08 WIB

Tahun 2020, Penjualan Mobil Diharapkan Tumbuh 5%

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. Seven Events Foto: Dok. Seven Events
Jakarta - Tahun 2019 bisa dikatakan tahun yang berat untuk penjualan kendaraan bermotor di Indonesia. Sudah menjadi jawaban umum, bahwa agenda politik tahun ini adalah faktor utama yang mempengaruhi hasil penjualan otomotif.

Diharapkan akhir tahun dapat merangsek naik, DKI Jakarta yang merupakan pasar terbesar kendaraan bermotor malah menetapkan BBN-KB baru menjadi 12,5%. Tentunya hal ini seakan menjadi cobaan beruntun pelaku bisnis menghadapi tantangan di pasar Indonesia.



Meski banyaknya ujian yang datang, tahun 2020 ditatap oleh industri otomotif tetap mengalami pertumbuhan. Setidaknya Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan pasar otomotif akan tumbuh sebesar 5%.

"Tahun depan kami berharap tetap bisa tumbuh walau tidak terlalu besar. Kami harap 5 persen tahun depan," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (12/11/2019).



Optimisme kenaikan pasar di tengah BBN-KB yang baru itu tentu karena agenda politik sudah tak lagi seheboh tahun 2019. BBN-KB baru pun diperkirakan Nangoi tidak akan berdampak terlalu lama, khususnya di pasar DKI Jakarta.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com