Sabtu, 09 Nov 2019 15:35 WIB

Tak Ikuti Jejak Amerika, Mobil Eropa Punya Komitmen di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Karena alasan bisnis yang tidak berkembang, merek-merek mobil Amerika Serikat memutuskan hengkang dari Tanah Air. Sebelumnya Ford lebih duluan minggat dari Indonesia, dan tahun ini disusul oleh Chevrolet yang melakukan langkah serupa.

Berbeda dengan merek-merek otomotif asal negeri Paman Sam, merek asal Eropa masih banyak yang bertahan di industri otomotif Indonesia. Salah satunya yakni Volkswagen yang keagenannya diwakili oleh PT Garuda Mataram Motor.



Dijelaskan Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana, Volkswagen tidak akan mengikuti langkah yang dilakukan pabrikan Eropa.

"Kita nggak ada kekhawatiran (akan hengkang). Kita kan juga bikin pabrik (di Indonesia). Jadi kita berkomitmen," kata Jonas, di Senayan, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Selain itu, Jonas percaya jika brand Volkswagen bisa diterima masyarakat Indonesia. "Kita percaya bahwa VW itu punya ikatan batin dengan (konsumen) Indonesia," terang Jonas.



Terlebih, menurut Jonas, mobil-mobil besutan Volkswagen banyak yang menjadi legenda. Dan ada model yang harga bekasnya bisa tembus sampai miliaran rupiah.

"Banyak model VW yang menjadi legenda, seperti Karmann Ghia, Beetle, Safari, dan banyak lagi," ungkap Jonas.

VW Karmann GhiaVW Karmann Ghia Foto: Ari Saputra


Simak Video "Chevrolet Pamit dari Indonesia, Bagaimana Nasib Penggunanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com