Selasa, 05 Nov 2019 11:24 WIB

Remaja Ini Temukan Solusi Hilangkan Blindspot Kendaraan

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa
Pennsylvania - Menggunakan mobil yang ada saat ini, blindspot atau titik buta pandangan pengendara terhadap sekitarnya hampir mustahil dihindari. Tak jarang titik buta pengendara menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan karena tak siap mengantisipasi objek yang lewat di area tersebut.

Masalah yang pasti ada di setiap kendaraan dan pengemudinya ini dipecahkan oleh seorang remaja berusia 14 tahun, Aliana Gassler. Solusi yang ditawarkan gadis asal Pennsylvania tersebut dapat menghilangkan titik buta mulai dari pilar A sampai ke titik cela kecil sekalipun.



Penemuannya tersebut menggunakan webcam, proyektor, dan material khusus untuk memberikan pengemudi pandangan terbaik selama berkendara. Hasil temuannya telah mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya Samueli Foundation Prize 2019.

Aplikasi temuan Aliana menggunakan webcam yang dipasang di luar pilar A. Hasil tangkapan webcam itu langsung diproyeksikan melalui proyektor yang terletak di atas kursi pengemudi menuju permukaan berlapis bahan retro reflective.

Penggunaan metode ini membuat mobil dari dalam seakan-akan tembus pandang dari sudut mata pengemudi. Gambar pun ditampilkan secara langsung dan presisi tanpa adanya perbedaan waktu yang begitu signifikan.



Material yang menjadi penerima proyeksi gambar ini memiliki kelebihan di mana gambar yang ditampilkan hanya menerima hasil dari proyektornya. Tampilan proyeksi dari titik buta ini hanya dapat dilihat dari sudut pandang pengemudi sedangkan penumpang lainnya dari sudut pandang lain hanya melihat lapisan serat biasa.

Purwarupa Aliana ini diganjari hadiah USD 25 ribu di Broadcom MASTERS yang diselenggarakan oleh Samueli Foundation Prize. Solusi Aliana menarik jadi pertimbang pabrikan mobil meski memang beberapa mobil segmen menengah ke atas telah dibekali sensor tapi tak rugi pula tampaknya menerapkan solusi ini.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Mobil Mewah + Tertib Lalin = Keren Abiss"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com