Kembaran Alphard Dapat Nilai Maksimal di Uji Tabrak

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 05 Nov 2019 09:40 WIB
Foto: Dok. ASEAN NCAP
Kajang, Malaysia - MPV mewah Toyota Majesty yang diluncurkan pertengahan Agustus lalu melewati uji tabrak di fasilitas New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP). Toyota Majesty merupakan MPV Mewah yang sekilas mirip dengan Alphard dan Vellfire, bedanya Majesty menggunakan basis Toyota Hiace.

Uji tabrak ASEAN NCAP yang dilewati Toyota Majesty berhasil lulus dengan nilai sempurna 5 bintang. Hasil skor yang didapat dari akumulasi indikator penilaian adalah 89,51.

Angka 89,51 itu didapat dari indikator keamanan penumpang dewasa dengan 46,31 poin, penumpang anak-anak 22,93 poin dan fitur serta teknologi keselamatan yang diusung mobil ini mendapatkan poin 20,27. Mobil yang hanya dijual di Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Laos, dan Myanmar ini mendapatkan 7 aribag untuk semua varian kecuali Vietnam yang hanya mendapatkan 3.



Pada saat pengujian mobil ini dilengkapi dengan fitur keamanan tertingginya walau nanti di setiap pasar dan permintaan konsumen dapat bervariasi.

Kembaran Alphard Dapat Nilai Maksimal di Uji TabrakFoto: Toyota


"Selamat kepada Toyota setelah sukses mendapatkan 5 bintang untuk MPV barunya. Toyota Majesty merupakan MPV ketiga yang dites di bawah penugasan ASEAN NCAP 2017-2020 setelah Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero," kata ketua ASEAN NCAP Siti Zaharah Ishak.

Di antara 3 MPV yang telah diuji di sana juga menempatkan Majesty sebagai MPV dengan nilai keamanan tertinggi berdasarkan tes ASEAN NCAP. "Kami senang bahwa mobil ini menjadi MPV pertama yang meraih bintang 5. Saya juga menambahkan bawah Majesty telah melewati segala sistem keamanan anak-anak yang diaplikasikan pada barisan bangku penumpang," ungkap Siti.



Siti berharap akan lebih banyak lagi mobil yang melakukan uji tabrak sebelum dipasarkan di pasar Asia Tenggara khususnya. Hasil penilaian ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen akan keamanan dalam memilih kendaraan untuk keluarga.

"Kami berharap akan menguji lebih banyak MPV dinilai di ASEAN NCAP. Nilai keamanan akan dengan jelas meningkatkan keyakinan konsumen jika mereka ingin membeli mobil untuk jalan-jalan bersama keluarga," tuturnya.



Simak Video "Bawa Yamaha XMAX dan Honda Forza, Apa Perlu SIM Moge?"
[Gambas:Video 20detik]