Senin, 04 Nov 2019 18:09 WIB

BMW Belum Capai Target untuk Bikin Pabrik di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
BMW X1 Foto: Pradita Utama BMW X1 Foto: Pradita Utama
Jakarta - BMW merupakan salah satu merek mobil mewah Eropa yang cukup besar di Indonesia. Meski termasuk salah satu penguasa pasar di kelasnya BMW masih belum berencana menanamkan investasi untuk membuat pabriknya sendiri di Indonesia.

Saat ini BMW melakukan perakitan mobilnya di fasilitas pabrik milik PT Gaya Motor di Sunter, Jakarta Pusat. "BMW adalah niche brand yang masih terus bertumbuh jadi baru ada di Indonesia tahun 2001 dan untuk sampai dengan saat ini kita masih bisa mencukupi kebutuhan pelanggan baru dengan Astra Internasional dan Gaya Motor," kata Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania di Jakarta.



Tentunya dengan memiliki dan memproduksi di pabrik sendiri dapat menekan harga jual kendaraan. Tapi Jodie mengatakan investasi untuk itu belum mencukupi skala ekonominya. "Semua kembali lagi ke skala ekonomi nya, per tahun rata-rata BMW jualannya masih 3.000 unit," ungkap Jodie.

Produksi pabrik itu dikatakan Jodie jika ada perkembangan pasar. "Apabila berkembang BMW akan mempertimbangkan untuk investasi. Tapi kalau ditotal kendaraan premium itu tak lebih dari satu persen," jelas Jodie.

Saat ini pun BMW Group Indonesia masih dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia dengan fasilitas yang ada. Kalaupun permintaan meningkat pun masih dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan.

"Kapasitas masih mungkin ditambahkan apabila peminat bertambah kita bisa tambah. Sekarang masih mencukupi," tutupnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lebih Dekat dengan Mobil Termewah BMW X7 'The President'"
[Gambas:Video 20detik]
bmw
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com