Senin, 04 Nov 2019 16:17 WIB

Mobil Chevrolet Ini Masih Diproduksi di Indonesia Lho!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Chevrolet Captiva buatan pabrik Wuling Indonesia. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia Chevrolet Captiva buatan pabrik Wuling Indonesia. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Jakarta - General Motors (GM) yang menaungi merek Chevrolet memutuskan untuk menghentikan penjualan mobil Chevrolet di Indonesia mulai Maret 2020. Hal itu diputuskan lantaran kurang diterimanya mobil Chevrolet di pasar otomotif Tanah Air.

Namun, mobil Chevrolet masih ada yang diproduksi di Indonesia, lho. Adalah Chevrolet Captiva yang masih bertahan diproduksi di Indonesia. Bukan oleh GM Indonesia, Chevrolet Captiva diproduksi oleh Wuling di pabrik Wuling Motors Indonesia di Greenland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.



Di pabrik itu, Wuling memproduksi Chevrolet Captiva yang merupakan SUV berbasis Wuling Almaz. Baik Chevrolet Captiva maupun Wuling Almaz merupakan mobil dengan basis yang sama. Keduanya adalah buah dari kolaborasi SAIC-GM-Wuling (SGMW) di China.

Wuling produksi Chevrolet Captiva di Indonesia.Wuling produksi Chevrolet Captiva di Indonesia. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia


Wuling Almaz dan Chevrolet Captiva adalah dua dari empat mobil yang sama. Di China, mobil itu dijual dalam bentuk Baojun 530 dan di India dijual dengan nama MG Hector di bawah SAIC.

PT SGMW Motor Indonesia menjadi pabrik yang memproduksi Wuling Almaz untuk Indonesia dan Chevrolet Captiva untuk diekspor ke beberapa negara. Ditegaskan, Chevrolet Captiva buatan pabrik Wuling di Cikarang tidak dijual di Indonesia, melainkan hanya untuk ekspor.

Chevrolet Captiva buatan Wuling Indonesia diekspor ke luar negeri. Chevrolet Captiva buatan Wuling Indonesia diekspor ke luar negeri. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia


Wuling mengekspor mobil buatan Cikarang ini ke beberapa negara di Asia Tenggara. Indonesia menjadi basis produksi Wuling di ASEAN. Produk pertama yang diekspor Wuling dari Indonesia adalah Chevrolet Captiva. SUV Wuling Almaz yang berubah wujud menjadi Chevrolet Captiva dieskpor ke Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji.



Meski memproduksi Chevrolet untuk diekspor, Wuling menegaskan pihaknya dan GM Indonesia merupakan dua perusahaan yang berbeda meski keduanya punya saham dari GM. Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun beberapa waktu lalu mengatakan, kedua perusahaan itu memiliki pegangan bisnis yang berbeda.

"Almaz saat menggunakan merek Wuling, tidak ada untuk Captiva yang kerja sama dengan GM untuk dijual Indonesia," kata Xu Feiyun, September lalu.

Diketahui, Wuling merupakan perusahaan patungan antara General Motors (GM) yang menjual brand Chevrolet dengan pabrikan China SAIC Motor. Tak heran kalau Chevrolet dan Wuling menggunakan basis mobil yang sama.

Simak Video "Makin Canggih, Wuling Almaz Kini Punya Voice Command"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com