Jumat, 01 Nov 2019 11:25 WIB

Bernyawa Eropa, Mobnas Vietnam Dapat Bintang 5 saat Dites Tabrak

Dina Rayanti - detikOto
VinFast. Foto: Thierry Chesnot/Getty Images.
Hanoi - Vietnam membuktikan mobil nasional perdananya memiliki fitur keamanan tingkat tinggi. Hal itu terlihat dari hasil uji tabrak yang dilakukan lembaga pemeringkat ASEAN NCAP. Dalam uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP di Malaysia pada September lalu, dua mobilnya yakni Lux SA2.0 (SUV) dan Lux A2.0 (sedan) diganjar lima bintang.

Dalam keterangan resminya, VinFast SA2.0 mendapatkan skor sebesar 84,46 dari 100 poin, dan VinFast Lux A2.0 meraih 88,15 poin. Pencapaian tersebut membuat VinFast diganjar lima bintang. VinFast Lux SA2.0 bahkan mendapatkan skor 46,45 dari 50 untuk proteksi terhadap penumpang dewasa berkat 6 airbag yang terpasang di mobil.

Foto: Kham/Reuters



Begitupula untuk proteksi anak-anak yang duduk di kursi belakang, SUV dan sedan VinFast juga meraih hasil sempurna.

Sedangkan untuk model hatchback Fadil hanya mendapatkan empat bintang. Di segmennya itu, VinFast mengklaim raihan bintang empat pada VinFast merupakan yang terbaik.

"Ini hasil yang membanggakan bagi kami semua. Walaupun VinFast memiliki banyak pekerjaan besar dalam waktu singkat karena harus meluncurkan produk pertama, kami tetap mengedepankan kualitas," ungkap Deputy General Director VinFast Tran Le Phuong dalam keterangan resminya.

Foto: Istimewa/Carscoops


"Tujuan kami adalah untuk memberikan keamanan bagi warga Vietnam, produk kelas atas yang diinginkan, juga berkontribusi untuk kehidupan masyarakat Vietnam," sambungnya lagi.

Berlabel sebagai mobil nasional, nyatanya VinFast banyak dijejali komponen dari luar negeri. VinFast menggunakan rangka dan juga mesin 2.0L untuk SUV dan sedannya.


Sedan Lux A2.0 mengusung platform dari BMW Seri 5, sedangkan versi SUV-nya mengambil basis X5. Sementara untuk model Fadil mengusung platform dari Opel Karl Rocks.

Vietnam memang cukup serius menggarap mobnas perdananya ini. Selain BMW dan Opel, tercatat ada banyak ahli di dunia otomotif ikut bergabung seperti Magna Steyr hingga rumah desain Pininfarina ikut bergabung.

Simak Video "Melihat Kemewahan Mobnas Vietnam, Mirip BMW?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com