Kamis, 31 Okt 2019 12:03 WIB

Dua Bulan Diasapi, Xenia Salip Balik Wuling Confero

Dina Rayanti - detikOto
Daihatsu Xenia. Foto: PT Astra Daihatsu Motor Daihatsu Xenia. Foto: PT Astra Daihatsu Motor
Jakarta - Persaingan mobil di segmen Low MPV tak melulu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Baru-baru ini kembaran Avanza, Daihatsu Xenia juga tengah disorot karena penjualan yang merosot hingga disalip pendatang baru asal China, Wuling Confero.

Hal itu muncul kala penjualan Xenia secara wholesales (dari pabrik ke diler) periode Juli-Agustus sempat mengalami penurunan. Mengacu pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Juli 2019 Xenia mencatatkan distribusi sebanyak 676 unit. Kemudian pada bulan Agustus kembali merosot menjadi hanya 462 unit.

Wuling ConferoWuling Confero Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia



Angka tersebut masih kalah dari Wuling Confero yang distribusinya justru lebih banyak yaitu sebesar 728 unit pada Juli dan 638 unit di bulan Agustus.

Daihatsu pun tampak santai menanggapi hal tersebut. Pasalnya minimnya permintaan akan Xenia dalam dua bulan terakhir karena permasalahan kapasitas produksi yang terbatas.

"Kami tidak bisa memproduksi karena permintaan lebih besar," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra belum lama ini.

Namun masuk bulan September, Xenia perlahan-lahan mulai bangkit. Pada bulan kesembilan, Daihatsu mendistribusikan 1.919 unit Xenia. Sedangkan Wuling hanya mampu mengirimkan 925 unit Confero ke masing-masing dilernya.


Dengan demikian, sepanjang September Xenia menjadi Low MPV terlaris ketiga setelah Avanza dam Xpander.

Berbeda lagi halnya dengan Honda Mobilio. Honda Mobilio yang bersolek pada Februari 2019 ini terlihat mengalami penurunan distribusi pada September 2019. Hanya 577 unit Mobilio yang didistribusikan Honda pada bulan September 2019.

Honda MobilioHonda Mobilio Foto: Ruly Kurniawan


Berikut daftar lengkap Low MPV terlaris sepanjang September 2019:
1. Toyota Avanza: 9.476 unit
2. Mitsubishi Xpander: 4.407 unit
3. Daihatsu Xenia: 1.919 unit
4. Suzuki Ertiga: 1.560 unit
5. Wuling Confero: 925 unit
6. Nissan Livina: 766 unit
7. Honda Mobilio: 577 unit

Simak Video "Wuling Confero Dimodif Jadi Ambulans dan Mobil Klinik"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com