Rabu, 30 Okt 2019 14:39 WIB

Tips Beli Mobil Bagi Keluarga Muda

Nurcholis Maarif - detikOto
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Kini mobil sebagai kendaraan pribadi menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari buat orang dengan mobilitas tinggi. Mobil digunakan dalam berbagai aktivitas harian seperti untuk kerja, pergi dengan teman-teman, dan tak terkecuali untuk menghabiskan quality time dengan keluarga.

Bagi pasangan atau keluarga muda, memiliki mobil pribadi menjadi impian tersendiri meskipun agak susah-susah gampang. Pasalnya mereka punya tantangan tersendiri karena masih harus mengatur banyak alokasi anggaran dalam berbagai kebutuhan rumah tangga.

Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, untuk biaya anak, angsuran rumah, dan lain sebagainya. Namun, tak ada yang mustahil untuk bisa membeli mobil saat berada di posisi yang memiliki banyak kebutuhan selagi mereka bisa mengatur pos-pos anggaran secara tepat.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diketahui, khususnya bagi keluarga muda, yang ingin membeli mobil.

Keinginan atau Kebutuhan

Tidak selamanya keinginan berbanding lurus dengan kebutuhan. Maksudnya, jika memang kamu ingin membeli mobil, lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan harian, jumlah keluarga, destinasi terjauh yang dituju, dan yang tak kalah penting dengan bujet yang dimiliki.

Sebenarnya untuk keluarga muda yang berjumlah kurang dari 4 orang, mobil jenis LCGC (seperti Daihatsu Sigra, Toyota All New Calya, dll) dan City Car (seperti Toyota Agya, dll) sudah lebih dari cukup, baik mobil baru maupun bekas dan membeli secara tunai maupun kredit.

Di samping harganya yang cukup terjangkau bagi keluarga muda, mobil tipe ini cocok untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Butuh pertimbangan lebih banyak jika kamu ingin membeli mobil hatchback, MPV, atau SUV.

Sebagai Tabungan dan Investasi

Biasanya semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin tinggi pula minatnya untuk membeli segala sesuatu. Tak terkecuali bagi pasangan suami istri yang ditambah dengan banyak kebutuhan di awal mereka membangun keluarga.

Alih-alih membeli barang yang berguna hanya untuk jangka pendek, lebih baik membeli mobil yang benar-benar berguna di keseharian dan bisa dijadikan sebagai tabungan atau investasi ke depannya. Misalnya untuk disewa atau dijual lagi saat datang kebutuhan mendesak.

Pasalnya membangun keluarga berarti mempersiapkan keberlanjutan keluarga di masa depan. Jadi, jangan ragu untuk berinvestasi untuk keluargamu.

Manfaatkan Promo yang Sedang Berlangsung

Keluarga muda yang ingin membeli mobil bisa memanfaatkan promo atau diskon pembelian mobil yang banyak berlangsung akhir-akhir ini. Biasanya promo ini berlaku pada waktu-waktu tertentu seperti saat akhir tahun, hari raya, atau saat pameran otomotif.

Lembaga-lembaga pembiayaan untuk kredit mobil juga biasanya akan memberikan penawaran khusus yang begitu menarik seperti bunga yang rendah atau DP yang ringan. Nah, kebetulan buat kamu, khususnya keluarga muda, yang sudah siap dan akan membeli mobil dalam waktu dekat, ada promo menarik yang enggak boleh kamu lewatkan.

Kamu bisa memanfaatkan program KESAMBERHADIAH (Kejutan Spesial September Oktober Berhadiah) yang digelar oleh detikcom dan seva.id yang menawarkan total hadiah ratusan juta. Salah satu hadiah utamanya adalah dibayarin DP mobil, lalu ada voucher belanja dan iPhone XR.

Apalagi seva.id merupakan situs layanan otomotif terpercaya dari terintegrasi dari Astra Digital. Program KESAMBERHADIAH dibagi menjadi empat periode yang sudah dimulai sejak 18 September dan akan berakhir pada 31 Oktober 2019. Saat ini KESAMBERHADIAH sudah memasuki periode keempat.

Untuk mengikuti program ini, caranya gampang banget. Kamu cukup mengisi data diri beserta alasan kenapa ingin dibayarin DP mobil dalam formulir di sini. Alasan yang jelas, unik, lucu dan paling seru yang akan dimenangkan oleh detikcom.

Calon pemenangnya adalah mereka yang sudah mendaftar KESAMBERHADIAH pada periode yang disediakan dan bisa dihubungi oleh pihak detikcom. Jangan sampai ketinggalan.

Ayo, ikut KESAMBERHADIAH periode 4 untuk mendapatkan hadiah utama dibayarin DP mobil! (ega/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com