Rabu, 30 Okt 2019 11:06 WIB

Melirik Keistimewaan Mobil Alphard Menhan Prabowo Subianto

Dina Rayanti - detikOto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Grandyos Zafna Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Para menteri dan pejabat setingkat menteri yang telah dilantik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan mendapatkan fasilitas mobil dinas. Mobil dinas itu didapatkan para menteri baru demi kelancaran pekerjaannya.

Namun masih ada beberapa menteri yang tampak menggunakan mobil pribadinya ketika berdinas. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, misalnya. Prabowo dalam beberapa kesempatan masih terlihat menggunakan mobil pribadinya yakni Toyota Alphard berpelat B 108 PSD.


Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan dirinya belum mengetahui jelas alasan Prabowo menggunakan mobil Alphard tersebut. Apa ya istimewanya Alphard yang sering ditunggangi Prabowo itu?

Diketahui dari situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor mobil Alphard yang ditumpangi Prabowo itu merupakan model terbaru keluaran tahun 2018.

Foto: Mobil Prabowo Subianto (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)


Mobil berkelir putih metalik yang sering ditumpangi Prabowo itu merupakan tipe tertinggi dari seluruh varian Alphard yang ditawarkan Toyota di Indonesia. Alphard bermesin 3.500 cc tersebut dibanderol Rp 1.857.250.000 untuk model barunya. Sedangkan yang ditunggangi Prabowo ditaksir punya harga Rp 1,344 miliar.

Melirik Keistimewaan Mobil Alphard Menhan Prabowo SubiantoAlphard Prabowo. Foto: Eva Safitri/detikcom



Alphard sendiri telah memiliki wajah baru pada akhir 2017. Kemudian wajah baru Alphard menyapa warga Indonesia pada Maret 2018. Desainer Toyota telah melakukan sejumlah perubahan untuk lebih menyempurnakan penampilan, kenyamanan, dan fitur keselamatan pada Alphard.

Dengan desain baru, tampilannya kini terlihat semakin mewah. Perubahan pada headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel menjadikan New Alphard dan kian menarik perhatian.

Melirik Keistimewaan Mobil Alphard Menhan Prabowo SubiantoWajah Toyota Alphard. Foto: Istimewa/Toyota-Astra Motor


Tampilan belakang, desain baru pada rear lamp dan door garnish semakin menonjolkan mobil ini sebagai kendaraan kelas atas. Dilengkapi desain baru pada alloy wheel dengan ukuran 18" menjadikan New Alphard dapat merepresentasikan penggunanya.

Interior Toyota Alphard. Interior Toyota Alphard. Foto: Istimewa/Toyota-Astra Motor


Bagian kabin juga mengalami perubahan yang menarik. Tampilan odometer semakin memancarkan warna kemewahan dan advance, serta kursi yang dilapis kuat dengan captain seat. Untuk memberikan kenyamanan lebih, sandaran kursi kini menjadi fitur yang mampu menunjang tulang punggung (lumbar support) yang semakin baik.


Untuk interior, Alphard varian 3.5 Q di dominasi warna hitam dilengkapi dengan aksen brown olive ash brull woodgrain. fitur tambahan berupa Blind Spot Monitor yang berfungsi untuk semakin mempermudah pengemudi dengan menambah luas pandangan khususnya di bagian blind spot.

Untuk mendukung kinerja konsumsi bahan bakar, khusus pada varian 3.5 Q, kini menggunakan teknologi auto idling terbaru.

Khusus untuk varian Q, kini dilengkapi dengan mesin berteknologi V6 dengan VVT-i dan menggunakan transmisi baru, yaitu 8 AT. Selain hemat bahan bakar, teknologi ini juga semakin ramah lingkungan.

Simak Video "Menhan Prabowo Bicara Konsep Perang Rakyat Semesta"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com