Rabu, 30 Okt 2019 07:34 WIB

Laporan dari Jepang

Daihatsu Rocky Tidak Pakai Mesin LCGC

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Tokyo - Daihatsu di Tokyo Motor Show 2019 resmi memperkenalkan SUV berukuran compact yang kabarnya dinamakan Daihatsu Rocky. Kabar yang beredar, Daihatsu Rocky akan menggunakan mesin 1.000 cc turbo, ada pula pilihan mesin 1.200 cc.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang belum memastikan kapan Rocky diluncurkan di Indonesia. Namun, Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra bilang, kalau Daihatsu Rocky dimasukkan ke Indonesia maka akan menggunakan mesin baru. Ia menegaskan mobil itu tidak menggunakan mesin LCGC berkapasitas 1.200 cc yang ada di mobil seperti Ayla-Agya, atau Sigra-Calya.



"Tidak bisa (asal masukkan mesin LCGC ke Rocky-Red). Karena pemakaian mesin itu disesuaikan dengan jenis mobilnya, kalau ini (Rocky) kan tinggi, saya bilang tidak mungkin karena ada segmen lain," kata Amel di tengah acara Jurnalis Tokyo Motor Show Tip di Tokyo, Jepang.

Daihatsu Rocky Tidak Pakai Mesin LCGCFoto: Rangga Rahadiansyah


Kata dia, mesin Rocky akan disesuaikan tenaganya juga. Jadi, mesinnya tak sekadar sama dengan mesin LCGC.

"Bukan sekadar semua sama aja bisa masuk. Saya yakin tidak sama, jadi mesinnya baru, tidak sama dengan LCGC," ujar Amel.



Di Indonesia, Daihatsu sudah menguji mesin 1.000 cc turbo dengan transmisi CVT melalui mobil Daihatsu Thor. Mungkin pengujian itu hasilnya akan digunakan untuk mempelajari Rocky di Indonesia.

"(Hasil studi Daihatsu Thor) Itu mesinnya kuat lho. Itu mesin 1.000 cc tiga silinder turbo, dengan CVT. Pengujian Thor itu untuk mengetahui mesin turbo bagus atau nggak," kata Amel.

Interior Daihatsu Rocky. Interior Daihatsu Rocky. Foto: Rangga Rahadiansyah


Sekadar diketahui, Daihatsu Rocky menjadi mobil SUV kecil. Tertulis dalam data spesifikasi, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Wheelbase-nya sepanjang 2.525 mm. Mobil ini memiliki bobot 980 kg.

Untuk mesin, SUV ini menggendong mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intetcooler. Tenaganya mencapai 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Simak Video "Daihatsu Rocky Muncul Lagi, Mejeng di Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com