Selasa, 29 Okt 2019 17:46 WIB

Bukan Mistis, Water Barrier Bergerak Sendiri Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Tangkapan layar video Foto: Tangkapan layar video
Jakarta - Sebuah peristiwa berbau mistis terjadi di Jalan Tol Pandaan-Malang terekam CCTV. Disebut mistis karena peristiwa ini melibatkan beberapa buah water barrier (pembatas jalan) yang tampak bergerak sendiri.

Hal ini dibenarkan Manager Humas PT Jasa Marga Tol Pandaan-Malang, Agus Tri Antyo. Menurutnya peristiwa water barrier bergerak sendiri terjadi di Km 62/b arah Malang-Surabaya.

Lalu apakah benar water barrier bergerak tersebut merupakan peristiwa mistis? Menurut pandangan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, itu bukan peristiwa metafisika.



"Jadi peristiwa water barrier bergerak sendiri di tol Malang itu bisa dijelaskan ilmiah," kata Jusri, dihubungi detikcom, Selasa (29/10/2019).

Menurut Jusri, ada beberapa faktor yang bisa menjelaskan mengapa kumpulan pembatas jalan berwarna oranye tersebut bergerak ke tengah jalan tol.

"Sebab diketahui water barrier tersebut ternyata banyak yang kosong (tidak diisi air). Faktor lain dari lingkungan, ada dua celah di situ. Dan faktor cuaca saat sekarang yang angin sedang begitu kencang. Jadi pergerakan barrier itu, hal yang wajar," terang Jusri.



Sebelumnya Manager Humas PT Jasa Marga Tol Pandaan-Malang, Agus Tri Antyo, sudah mengonfirmasi bahwa water barrier tersebut bergerak sendiri karena tertiup angin.

"Iya benar. Itu kena angin. Kebetulan di antara KM 62-67 adalah bukit. Bukit digali sehingga seperti lorong, sedangkan di sisi selatan lembah terbuka. Sehingga angin dari lembah yang lumayan kuat bisa menggeser water barrier yang tak terisi air," kata Agus, Selasa (29/10/2019).



Agus juga menyampaikan pengalaman saat melintasi lokasi tersebut. Ia merasakan mobilnya bergoyang diterpa angin.

"Saya sehari dua kali lewat situ. Mobil saya Ertiga kalau lewat situ agak bergoyang. Apalagi Terios punya kantor yang sering saya pakai," terang Agus.

Simak Video "Hi... Water Barrier Tol Pandaan Gerak Sendiri, Ini Kata Pengelola"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com