Jumat, 25 Okt 2019 09:31 WIB

Nissan Mau Setop Jualan Mobil Murah Datsun?

Dina Rayanti - detikOto
Datsun. Foto: Ari Saputra Datsun. Foto: Ari Saputra
Yokohama - Kabar tidak sedap kembali menerpa pabrikan asal Jepang Nissan. Nissan dikabarkan akan melepas merek mobil murahnya Datsun karena dianggap tak lagi menguntungkan. Penjualan Datsun di beberapa negara termasuk Indonesia disebut tak lagi membantu meningkatkan penjualan Nissan.

Diberitakan Reuters, Jumat (25/10/2019) melepas Datsun merupakan bagian dari inisiatif Nissan untuk kembali memulihkan kondisi keuangannya.

Tak cuma itu, Nissan juga bakal memangkas produksinya di beberapa pabrik di luar China, mengurangi penjualan secara borongan, dan menyuntik mati mobil-mobilnya kurang laris di pasaran.


Sebagai bagian dari rencana tersebut, Nissan disebut akan menyetop produksi pick-up Titan model single cabin dan versi dieselnya.

Nama Datsun memang sempat redup hingga akhirnya dihidupkan lagi oleh Nissan. Nissan sengaja kembali menghidupkan Datsun di beberapa negara berkembang seperti India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan.

Di Indonesia sendiri, Datsun sempat berjaya ketika mengenalkan mobil murahnya di segmen Low Cost Green Car (LCGC) pada tahun 2013 hingga 2015. Kejayaan Datsun terus menurun seiring dengan minimnya model baru dan tak cepat beradaptasi menghadapi panasnya persaingan industri otomotif di Tanah Air.

Datsun harus bersaing dengan merek Jepang lain yang tampaknya sudah lebih menyiapkan diri ketika menjajakan mobil LCGC.


Nissan pun demikian. Beberapa tahun terakhir penjualannya merosot karena jarang mengenalkan mobil baru. Hingga akhirnya Nissan perlahan-lahan bangkit dengan mengenalkan model baru pada pertengahan 2018.

Tapi kabar miring yang menerpa Nissan belum usai setelah pabrikan tersebut merilis mobil baru. Masuk ke awal tahun 2019, Nissan dikabarkan menutup pabriknya di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Pihak Nissan pun membantah hal tersebut.

PT Nissan Motor Indonesia menegaskan, pihaknya masih mengoperasikan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. Namun, pabrik tersebut bukan untuk memproduksi mobil Nissan, melainkan hanya fokus memproduksi mobil merek Datsun.

"Rencana optimasi mencakup mengatur ulang operasi bisnis, rightsizing dan optimasi produksi," kata President Director PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, dalam pernyataan tertulis kepada detikcom belum lama ini.


Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani menambahkan, saat ini pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat, masih beroperasi seperti biasa. Hanya, pabrik Nissan itu cuma memproduksi mobil merek Datsun, merek di bawah naungan Nissan untuk negara berkembang.

"Sebenarnya (pabrik) Nissan di Indonesia saat ini memproduksi Datsun. Dan ini sebenarnya sudah lama diumumkan strategi ini," tutur Hana.

Simak Video "Mobil-mobil Masa Depan Ala Nissan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com