Minggu, 20 Okt 2019 08:36 WIB

Berkaca dari Terbakarnya Lamborghini, Supercar Original Paling Aman

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: dok.istimewa Foto: dok.istimewa
Jakarta - Mobil Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad terbakar di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Mobil Raffi sudah dimodifikasi cukup banyak. Namun dari perspektif safety driving, mobil super seperti Lamborghini yang paling aman sebaiknya memang dalam kondisi original atau asli dari pabriknya.

Menurut pebalap yang juga duta keselamatan berkendara Rifat Sungkar, mobil-mobil super seperti Lamborghini cs suka banyak yang bermasalah terutama di jalanan yang macet, dan yang kedua kalau habis dipakai kebut-kebutan di sirkuit (track day).



"Saya nggak tahu modifikasi sejauh apa, tapi kalau dilihat yang menyebabkan kebakaran itu adalah panas dan kita tahu negara kita negara panas. Yang kita nggak tahu modifikasi sejauh apa. Kalau Lamborghini Raffi saya nggak lihat depan mata, tapi kalau lihat rata-rata yang ganti exhaust (knalpot) sudah menimbulkan panas berlebih, tapi saya nggak tahu api nyambernya ke mana. Lamborghini ini kan mesinnya naturally aspirated ya bukan turbo, kalau turbo heat-nya lebih tinggi dan banyak potensi panas-panas lainnya. Perlu dianalisis lebih lanjut apa yang terjadi," ujar Rifat kepada detikcom.



Rifat menambahkan untuk supercar yang paling aman adalah dalam kondisi original atau asli dari buatan pabrik.

"Karena performa asli dari sebuah mobil super yang sudah terakreditasi adalah ketika mobil itu standar. Supercar di sana kan sudah super kenceng. Kalau mengubah ini itu pasti ada unsur lain yang dikorbankan. Unsur lain yang dikorbankan itu rata-rata safety. Safety yang dimaksud bukan hanya rem yang harus lebih baik, bukan hanya suspensi yang lebih baik dan tapi faktor kejadian seperti sekarang (terbakar)," ujarnya.
Halaman
1 Tampilkan Semua

(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com