Sabtu, 19 Okt 2019 17:42 WIB

Avanza Veloz Kuasai 34,5 Persen Pasar Sulsel

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Makassar - Belasan tahun Toyota Avanza membentuk dinasti pengguna mobil MPV di Indonesia. Sejak dikenalkan pada tahun 2003 lalu mobil ini bisa dikatakan menjadi nama teratas dalam pertimbangan konsumen Indonesia memilih low MPV.

Di wilayah penjualan Toyota Avanza yang dipegang oleh Hadji Kalla pun mobil ini menunjukkan taringnya. Setidaknya 34,5 persen pangsa pasar mobil MPV diisi oleh Toyota Avanza untuk wilayah Sulawesi Selatan.

"Di Sulsel saja 34,5 persen secara total Sulawesi 39 persen," kata West Region General Manager Kalla Toyota, Fery Irawan di Toyota Avanza-Veloz Sebangsa Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/10/2019).



Persentasi tersebut secara tidak langsung juga melebihi capaian Toyota Avanza secara nasional. Jika diakumulasi pangsa pasar Toyota Avanza di segmen low MPV ada pada angka 33 persen.

"Kalau gambaran Avanza Veloz nasional masih mendominasi pasar lebih dari 33 persen dan penguasaan di wilayah Hadji Kalla sedikit lebih tinggi dari nasional 39 persen. Jadi memang sangat baik sekali antusias masyarakat Sulawesi untuk segmen model ini itu data dari Januari sampai September," ungkap Toyota Astra Motor (TAM) Area Head wilayah Sulawesi & Indonesia Timur, Tunggul Prabowo dalam kesempatan yang sama.

Selama ini pun jika ditotal khusus di sekitar Makassar saja setidaknya ada 5 persen Toyota Avanza berada di sana. "Populasi Avanza secara tepatnya kita perlu hitung karena penjualan dari 2003 itu. Kalau bicara nasional udah 1,75 juta di sini kurang lebih 5 persennya," tambah Tunggul.

Raihan tersebut dicapai Hadji Kalla Toyota di melalui 24 cabang yang tersebar di Pulau Sulawesi. Di Makassar sendiri ada 3 diler yang melayani penjualan dan perawatan serta tambahan 3 diler untuk penjualan saja.

"Total 24 cabang di Sulawesi, di Makassar yang lengkap ada bengkel ada 3 di Makassar, tapi kita juga ditunjang outlet yang hanya melayani penjualan 3," tutup Fery.

Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com