Sabtu, 19 Okt 2019 16:14 WIB

Tak Semacet Jakarta, di Makassar Avanza Manual Lebih Digemari

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Makassar - Tren transmisi mobil matic memang semakin digemari khususnya di pasar utama otomotif Indonesia DKI Jakarta. Tuntutan jalan macet menjadi salah satu pendorong transmisi yang praktis itu.

Beda cerita ketika melihat penjualan mobil di luar DKI Jakarta. Salah satunya untuk Avanza-Veloz di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Jadi untuk wilayah kami memang tipe manual ini masih menjadi tipe favorit terutama di luar kota besar," kata West Region General Manager Kalla Toyota Fery Irawan saat ditemui di Avanza-Veloz Sebangsa di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Untuk wilayah itu, kontribusi Avanza manual mencapai 70 persen sedangkan 30 persen dari otomatis. Kendati begitu perolehan tersebut dikatakan Feri mulai meningkat dari tahun ke tahun.




"Tapi untuk trennya sendiri di wilayah Makassar dengan transmisi otomatis tiap tahun naik terus. Kontribusinya itu sekarang udah 30 persen, beda di Jakarta sudah dominan," tambahnya.

Para pelanggan pun mengakui bahwa mereka lebih senang memilih Avanza bertransmisi manual. Selain faktor jalanan Makassar yang relatif belum sepadat Jakarta, pengalaman berkendara manual juga masih diminati.

"Di Makassar macet biasa pasti macet, pribadi saya lebih enak pakai manual karena Makassar sama Jakarta beda, macet Makassar dikit-dikit aja tidak sama dengan macet Jakarta total. Di sini manual masih enak aja," kata Wawan di dalam kegiatan tersebut.



Hal senada juga diungkapkan Adi. Selain suka Avanza manual dan cocok di Makassar, ia merasa mobil manual lebih irit bahan bakar. "Saya pilih matik daripada manual karena nyetirnya enak. Gasnya juga enak tarikan beda pemakaian bahan bakar juga nggak lebih boros dari matic," tukasnya.

Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com