Jumat, 18 Okt 2019 15:39 WIB

Toyota Akui Kemungkinan Gunakan Platform Mobil Listrik Daihatsu

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: M Luthfi Andika Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Toyota Astra Motor (TAM) menjawab soal kemungkinan bisa memproduksi mobil listrik di pabrik dan menggunakan platform Daihatsu. Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, di Bali, menjawab hal itu mungkin saja terjadi.

"Toyota menggunakan platform Daihatsu? Ada kesempatan itu, karena bagaimana pun platform Daihatsu itu memiliki main volume (sudah sangat dipercaya oleh masyarakat Indonesia, dengan produk-produk yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia-Red)," ujar Anton.



"Selain itu juga ada kemungkinan akan rakit di pabrik Daihatsu. Tapi itu tergantung prinsipal, mereka yang memutuskan karena bagi prisipal pabrik Toyota dan Daihatsu kan sama, karena satu group," katanya.

Meski demikian, menurut Anton yang paling utama saat ini ialah bagaimana caranya agar Indonesia memiliki produksi baterai sendiri.



"yang harus pelajari itu baterai (kendaraan listrik), kita belum punya. Ada dua kemungkinan impor atau produksi lokal, yang terbaik buat kita ya lokal karena bahan materialnya ada di Indonesia," ujarnya.

"Kalau motor listrik itu ada di Thailand, inverter ada di Malaysia harapannya indonesia kita bisa jadi pusat baterainya, jadi ASEAN konten bisa sangat menarik, karena asean lagi bicara satu kesatuan ASEAN unity, di dalam ASEAN bisa ekspor ke Australia dengan ASEAN konten. Mudah-mudahan Indonesia bisa jadi salah satu sumber," kata Anton.

Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com