Jumat, 18 Okt 2019 10:10 WIB

Tenang! Suku Cadang Mobil Ford di RI Masih Terjamin

Luthfi Anshori - detikOto
Ford. Foto: Francois Lenoir/Reuters
Jakarta - RMA Group baru saja menjalin kerja sama dengan merek India, Mahindra. RMA resmi ditunjuk sebagai distributor resmi oleh Mahindra & Mahindra Ltd.

Sebelumnya RMA sudah memiliki lini bisnis di layanan purnajual Ford. Seperti diketahui, Ford hengkang dari Indonesia pada 2016 lalu.

"November 2016 saat itu kita dipercaya Ford untuk mengambil alih layanan (purnajual) mobil-mobil Ford di Indonesia. Bukan hal mudah untuk mengambil tugas itu. Apalagi Ford secara tiba-tiba meninggalkan Indonesia," kata Marketing and Sales Senior Manager RMA Indonesia, Yanto Mardianto, di Bogor, Kamis (17/10/2019).


Kendati saat ini tugas RMA bertambah untuk memasarkan dan menjamin purnajual dua model pikap Mahindra, untuk layanan purnajual Ford tetap berlanjut. RMA sendiri mengaku sudah memiliki sekitar 33 jaringan purnajual untuk melayani kebutuhan konsumen Ford.

"Beberapa di antaranya ada di Jambi, Pekanbaru, Palembang. Sementara di Jawa itu ada di Bekasi, Kelapa Gading, Bandung, Semarang, Yogya, Surabaya. Di Kalimantan ada di Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak. Untuk Sulawesi, ada di Makassar, Palu, dan Manado," lanjut Yanto.

Soal besaran harga suku cadang Ford, Yanto mengatakan tidak terlalu mahal.


"Kalau harganya mahal. Tentu akan banyak part-part non-genuine yang keluar. Tapi silahkan cek sendiri. Part Ford juga selalu ready," kata Yanto.

Soal jaminan sparepart, dikatakan Yanto untuk produk baru berkisar 10 tahun. "Itu regulasinya. Dan sudah kita penuhin," katanya.

Namun ia juga tidak menampik keberadaan model Ford yang sudah lawas. Untuk itu, suku cadangnya pun harus dipenuhi.

"Sekarang kita lihat, kalau mobil yang jalan masih banyak itu kan bisnis ya. Buat apa nggak kita suplai (spare part). Tetap kita sediakan. Karena itu good bussines buat kita," kata Yanto.

Sejauh ini, menurut Yanto ada 6 pelayanan diberikan RMA kepada para pemilik Ford.


"Pertama pastinya adalah servis. Kedua adalah pendistribusian spare part asli, sehingga mereka mudah mendapatkannya di seluruh Indonesia. Ketiga adalah layanan warranty claim. Kita aktifkan dan berikan pada yang berhak," lanjut Yanto.

"Berikutnya training teknisi diler-diler Ford, sehingga kualitas teknisi sesuai standar internasional. Kami juga menyediakan customer service. Dan terakhir, emergency road assistance, sehihgga yang mengalami kondisi darurat di remote area (bisa dijangkau)," pungkasnya.

Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com