Kamis, 17 Okt 2019 18:39 WIB

Jokowi dan Ma'ruf Kok Belum Pakai Mobil Dinas Baru saat Pelantikan?

Dina Rayanti - detikOto
Mobil dinas presiden yang lama. Foto: Agung Pambudhy Mobil dinas presiden yang lama. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo serta Ma'ruf Amin belum akan menunggangi mobil baru pada pelantikan 20 Oktober mendatang. Keduanya masih akan menggunakan mobil dinas presiden dan wakil presiden yang lama.

Sekadar mengingatkan, pemerintah lewat Kementerian Sekretariat Negara telah menyiapkan dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard untuk presiden dan wakil presiden di masa kepemimpinan 2019-2024. Kedua mobil tersebut akan menggantikan Mercedes-Benz S 600 Guard model lama warisan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Namun sayangnya, mobil belum bisa digunakan Jokowi dan Ma'ruf di saat pelantikan nanti. Jokowi dan Ma'ruf masih akan menunggangi mobil dinas presiden dan wakil presiden yang lama.

"Belum selesai, kemungkinan selesai akhir Desember," tutur Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna ketika dihubungi detikcom, Kamis (17/10/2019).

Mercedes-Benz selaku penyedia kendaraan dinas untuk presiden juga beberapa waktu lalu menyebut kalau proses pemesanan dua unit S 600 Guard itu memakan waktu hingga sembilan bulan lamanya.

Mobil presiden yang lamaMobil presiden yang lama Foto: Ari Saputra


Mobil baru untuk presiden dan wakil presiden dirasa perlu karena model lama sudah rusak.

"Ada pertimbangan karena kondisinya sudah cukup tua dan sering bermasalah," ucap Piping.

Mobil dinas yang biasa dipakai Jokowi memang beberapa kali kedapatan mogok. Terakhir, mobil mogok pada awal September lalu saat ia sedang melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Barat. Jokowi pun harus beralih menggunakan Toyota Alphard kala itu.


Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga sempat mengutarakan kerusakan di mobil dinas Jokowi sudah 'komplikasi'. Masalahnya tak hanya mesin, namun juga kelistrikannya.

"Dari pihak pabrikannya sudah berkali-kali memberitahu, memberi nasehat kalau terjadi sesuatu, sulit diperbaiki," ujar Heru beberapa waktu lalu.

Mobil yang ditunggangi Jokowi memang warisan dari presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil ini sudah menemani para presiden selama kurun waktu 10 tahun.

Jokowi dan Ma'ruf Kok Belum Pakai Mobil Dinas Baru saat Pelantikan?Foto: Andhika Akbarayansyah


Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com