Kamis, 17 Okt 2019 12:42 WIB

Sosok JK di Balik Pemilihan Mobil Jepang Jadi Tunggangan Menteri

Dina Rayanti - detikOto
Jusuf Kalla Foto: Reuters/Carlo Allegri Jusuf Kalla Foto: Reuters/Carlo Allegri
Jakarta - Bicara soal pemilihan mobil dinas para pembantu presiden tak bisa lepas dari sosok Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK. Nama JK rupanya ada di balik pemilihan mobil dinas menteri ketika dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (2009).

Pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk pertama kalinya para menteri menggunakan mobil merek Jepang sebagai kendaraan dinas. Sebelumnya, pada zaman Soeharto para menteri menggunakan mobil Eropa asal Swedia Volvo sebagai kendaraan dinasnya.


JK kala itu menyarankan SBY untuk menyerahkan pengurusan mobil dinas menteri. Hal itu lantaran JK menilai mobil merek Volvo memiliki banderol harga cukup tinggi.

Diungkap dalam buku Solusi JK, dirinya kemudian menghubungi Presdir PT Toyota-Astra Motor saat itu Johnny Darmawan dan memintanya untuk menemuinya. JK bertanya, sedan Toyota apa yang populer dan kualitas andal saat itu. Kelas menengah, tidak terlalu mewah.

Jawaban Johnny saat itu jelas: Camry. Mobil ini nyaman dan tidak terlampau mahal untuk ukuran kelas menengah. Harganya saat itu sekitar Rp 425 juta per unit. Hingga akhirnya saat itu terpilihlah Camry menjadi kendaraan dinas menteri.

JK memang akrab dengan merek Toyota. Keluarga JK diketahui menaungi diler terbesar Toyota di bawah PT Hadji Kalla. PT. Hadji Kalla telah menjadi main diler Toyota sejak tahun 1969.


Pada tahun 2019, PT Hadji Kalla pun ikut tender penyediaan mobil dinas menteri seperti tercantum dalam situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan.

Namun pemerintah sudah menentukan pemenang tender bukanlah PT Hadji Kalla, melainkan PT Astra International Tbk-TSO. Mobil yang terpilih melayani para menteri bertugas adalah Toyota Crown. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com