Senin, 14 Okt 2019 10:20 WIB

Erdogan Minta Pejabat Turki Pakai 'Mobil Rakyat'

Dina Rayanti - detikOto
Erdogan. Foto: BBC World Erdogan. Foto: BBC World
Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta para pejabat yang berada di bawah kepemimpinannya untuk naik 'mobil rakyat' alias mobil bermerek Volkswagen sebagai kendaraan dinasnya. Volkswagen Passat dipilih.

Keputusan itu diambil Erdogan usai VW Group memutuskan untuk membangun pabrik di Turki, seperti dilansir Carscoops, Senin (14/10/2019). Erdogan memerintahkan agar para pejabat Turki dari partai AK mengganti mobil sewaan yang saat ini digunakan dengan Volkswagen Passat ketika kontrak rental sudah habis.


Setidaknya ada 19 unit mobil yang disewa untuk digunakan para pejabat Turki pada tahap awal. Keputusan tersebut dinilai bisa menjadi contoh para pejabat dari partai lainnya.

VW Passat. VW Passat. Foto: Volkswagen


Saat ini para pejabat menggunakan Audi sebagai mobil dinas dan dalam dua bulan mendatang kontrak sewa mobil akan habis.

Sebagai informasi, pabrik Volkswagen yang akan dibangun di Turki bakal memproduksi Passat dan Skoda pada tahun 2022. Pabrik berlokasi di 40 km timur laut Izmir di pantai barat Turki. Dalam satu tahun, pabrik ini bakal memproduksi 300.000 unit dimana 2/3 diantaranya adalah model Passat. Beberapa juga akan diekspor ke berbagai negara.


Keputusan Volkswagen membangun pabrik di Turki akan membuka 5.000 lapangan pekerjaan baru dan juga membuka kesempatan pada suplier lokal untuk bersaing.

Di Turki, rasio kepemilikan mobil masih kecil. Tercatat ada 150 mobil per 1.000 penduduk. Penjualan mobil di Turki dalam tujuh bulan pertama mengalami penurunan cukup drastis hingga 50 persen menjadi 212.605 unit. Padahal sebelumnya, periode yang sama bisa mencapai 481.982 unit.


Erdogan Minta Pejabat Turki Pakai 'Mobil Rakyat'


Simak Video "Erdogan Siap Banjiri Eropa dengan Jutaan Pengungsi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com