Sabtu, 12 Okt 2019 08:30 WIB

LCGC Sigra Kini Jadi Andalan Daihatsu

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Daihatsu Sigra Foto: Dadan Kuswaraharja Daihatsu Sigra Foto: Dadan Kuswaraharja
Bandung -

[Gambas:Video 20detik]



Setelah 3 tahun sejak peluncurannya, Daihatsu Sigra telah menjadi salah satu pemain utama di segmen LCGC MPV di Indonesia. Tapi ternyata di awal peluncurannya tahun 2016, Daihatsu Sigra startnya agak selow. Baru beberapa waktu kemudian Sigra menjadi kontributor terbesar Daihatsu dari sisi penjualan.

"Kontribusi Daihatsu Sigra terhadap penjualan Daihatsu mencapai 29 persen. Jadi ini (Sigra) backbone Daihatsu. Dulu waktu awal launching 2016 nggak sampai segitu, tapi sekarang sudah hampir 30 persen," ujar Marketing & Costumer Relation Divisi Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso di sela-sela test drive Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.



Berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel pasar otomotif nasional, mencapai sekitar 675 ribu unit pada periode Januari-Agustus 2019, atau turun 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada segmen LCGC Januari-Agustus 2019, mencapai 143.632 unit, atau menurun 4% dibandingkan tahun lalu. Namun, kontribusi di segmen LCGC (Low Cost and Green Car) meningkat dari 19,7% pada tahun 2018, menjadi 21,3% pada 2019.



Sementara itu, penjualan LCGC Daihatsu meningkat sebesar 6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, dari total volume 47.622 unit menjadi 49.093 unit, atau kenaikan kontribusi dari 37% menjadi 43%. Daihatsu Sigra juga mengalami peningkatan kontribusi dari 25% menjadi 29% dari total volume 33.718 unit dibanding tahun lalu yang mencapai 31.813 unit.

Untuk menjaga pasarnya tetap tumbuh, Daihatsu merilis minor change dari Sigra pada pertengahan September lalu, tepatnya Senin, 16 September 2019. New Sigra tampil lebih stylish dan modern dengan grille, bumper, rear garnish yang baru, dan lampu depan yang telah menggunakan LED.

Lampu depan yang sudah LEDLampu depan yang sudah LED Foto: Dadan Kuswaraharja

New Sigra juga dilengkapi polished alloy wheel desain baru 14 inci dengan mud guard pada ke-empat rodanya.
Start-nya Sempat Selow, Sigra Kini Jadi Andalan DaihatsuFoto: Dadan Kuswaraharja
Pada sisi interior, suasana kabin New Sigra tampil berbeda dengan sentuhan nuansa warna 2-tone colors dark & light grey, memberikan kesan lebih mewah. Pada bagian center cluster, knob AC tampil lebih kekinian dan memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin dalam mobil.

New Sigra juga dilengkapi dengan 2-DIN touchscreen audio, serta electric retractable mirror pada beberapa varian. Dalam hal fitur keamanan, New Sigra dibekali dengan rear parking camera di beberapa varian untuk membantu visibilitas pengguna, agar pengguna merasa lebih aman saat bermanuver mundur.

Colokan USB di glove box sisi kursi penumpangColokan USB di glove box sisi kursi penumpang depan Foto: Dadan Kuswaraharja


New Sigra tersedia dalam 7 pilihan warna, dengan 3 pilihan warna terbaru, yaitu Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic, dan Orange Metallic.

Infografis SigraInfografis Sigra Foto: Luthfy Syahban


Video Peluncuran Daihatsu Sigra

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com