Kamis, 10 Okt 2019 17:38 WIB

Keuntungan Lelang Mobil Secara Online

Luthfi Anshori - detikOto
Lelang mobil Subaru sitaan negara. Foto: Istimewa/Kemenkeu Lelang mobil Subaru sitaan negara. Foto: Istimewa/Kemenkeu
Bekasi - Seiring perkembangan teknologi, sistem digitalisasi kini juga merambah dunia pelelangan barang. Salah satunya seperti yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi. KPKNL Bekasi baru saja melaksanakan lelang online mobil merek Subaru, sitaan Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok.

Dijelaskan Kepala KPKNL Bekasi Hamim Mustofa, lelang kendaraan secara online memiliki sejumlah keunggulan dibanding lelang yang dilakukan secara offline.

"Keunggulan pertama, peserta lelang tidak perlu hadir ke tempat lelang, sehingga dia bisa mengikuti lelang di mana pun berada. Cukup dengan mengakses internet di HP atau komputer. Jadi prinsipnya untuk memudahkan peserta," kata Hamim, di Bekasi.



Keuntungan kedua, harga lelang bisa lebih optimal. Sebab para peserta tidak saling bertatap muka. Jadi secara persaingan akan benar-benar ketat.

"Lelang online juga akan meminimalisasi perang psikologis antar-peserta, suasana nggak bakal sepanas kalau mereka ketemu langsung," lanjut Hamim.

Keunggulan lain yang detikcom langsung rasakan sendiri adalah soal efisiensi waktu. Dalam proses lelang dengan daftar kendaraan sebanyak 164 unit mobil Subaru bisa rampung hanya dalam waktu 3 jam saja. Tentunya jika menggunakan sistem offline, akan sangat menguras waktu dan tenaga.



Di luar perbedaan skenario tersebut, lelang mobil baik online maupun offline sebenarnya punya cara kurang lebih sama. Seperti harus menyetorkan uang jaminan lebih dulu sebagai syarat mengikuti lelang.

"Lelang online sendiri sudah dirintis sejak 2014, kemudian targetnya bertahap. Tahun 2014 itu targetnya 10 persen dari semua lelang, kemudian targetnya naik terus," ujar Hamim.

Simak Video "Sederetan Mobil Mewah Koruptor Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com