Senin, 07 Okt 2019 20:23 WIB

Harga Mobil Daihatsu Belum Naik

Luthfi Anshori - detikOto
Daihatsu Sigra Foto: Ari Saputra Daihatsu Sigra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Harga mobil produksi PT Astra Daihatsu Motor belum mengalami kenaikan di Oktober 2019 ini. Menurut Daihatsu, kenaikan harga diumumkan secepatnya setelah kebijakan kenaikan BBN-KB (Bea Balik Nama-Kendaraan Bermotor) diterapkan.

"Belum. Kami akan naik (harga-Red) begitu BBN dari Jakarta naik. Jadi begitu ditandatangani, keluar kami naikkan harga," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, di Grand Indonesia, Senin (7/10/2019).



Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta memang akan menaikkan tarif BBN-KB dari 10 persen menjadi 12,5 persen. Disebut-sebut kebijakan itu akan diberlakukan Oktober ini.



Di luar persoalan aturan BBN-KB baru, pabrikan seperti PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah menaikkan harga beberapa model MPV-nya.

Keempat model tersebut adalah Toyota Alphard, Vellfire, Voxy dan HiAce. Kenaikan harganya pun bervariasi mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 15 juta.

Tapi kenaikan itu pun akibat dari pengaruh nilai tukar rupiah terhadap yen.

"Model-model ini impor dari Jepang, ada pengaruh dari penguatan yen," sebut Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikcom, Senin (7/10/2019).

Sedangkan untuk model lain yang juga dijual di Indonesia, harganya masih belum ada perubahan. Dikutip dari situs resmi Toyota, harga yang dicantumkan tersebut sudah berlaku sejak Juli 2019.

Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com