Rabu, 02 Okt 2019 20:13 WIB

Toyota Supra GR Ditarik

Rizki Pratama - detikOto
Toyota Supra GR Foto: Rifkianto Nugroho Toyota Supra GR Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Penarikan mobil akibat ada kesalahan produksi memang sudah umum dilakukan sebagai bentuk perlindungan kepada konsumen. Bahkan mobil baru dan mewah seperti Toyota Supra GR pun tak luput dari hal ini sebelum resiko buruk yang diprediksi terjadi.

Penarikan ini diumumkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Uniknya manufaktur yang bertugas untuk melakukan penarikan ini BMW Amerika Utara. Sekilas memang terdengar mengejutkan, tapi perlu diingat bahwa mobil ini dikembangkan bersama oleh kedua perusahaan mobil tersebut.



Sosialisasi penarikan ini telah disampaikan kepada pemiliknya pada 12 September 2019 lalu dengan kode penarikkan 19V653000. Dalam laporan itu disebutkan bahwa masalah penarikkan tidaklah masalah besar.

NHTSA mengatakan bahwa bagian mekanisme penggulung pita sabuk pengaman tidak dilas dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan bahaya ketika terjadi kecelakaan karena sabuk pengaman tidak memberikan perlindungan maksimal.

Toyota Supra Toyota Supra Foto: Rifkianto Nugroho


Sejauh ini hanya ada 7 mobil yang terkena penarikkan ini. Empat di antaranya telah diperbaiki, sedangkan tiga lagi sudah dikabarkan pada pemiliknya untuk melakukan perbaikan ke bengkel resmi terdekat. Seperti biasa, diler Toyota akan melakukan inspeksi terhadap masalah ini dan akan menggantinya tanpa pungutan biaya.



Secara tidak langsung ini merupakan penarikkan pertama untuk Toyota Supra GR sejak pertama kali diluncurkan. Untungnya sejauh ini masalah tidaklah terlalu berbahaya dan memberikan dampak langsung.

Di Indonesia sendiri Toyota Supra GR secara resmi sudah dapat dipesan melalui diler Toyota di Indonesia. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1,995 miliar.

Simak Video "Toyota Supra Terbaru Akhirnya Resmi Mengaspal"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com