Senin, 30 Sep 2019 20:37 WIB

Mobil saat Demo Terkena Peluru, Tenang Perbaikannya Mudah!

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Mobil menghindari bentrok demo Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Indonesia sedang dalam situasi yang cukup sensitif terlihat dari berbagai aksi unjuk rasa yang merugikan jiwa dan materil. Seringkali dalam aksi yang umumnya dilakukan di jalanan ini merusak sejumlah kendaraan.

Beberapa aksi represi dari demostran bisa saja sewaktu-waktu membuat aparat kepolisian melepaskan tembakan dari senjata api. Jika mengenai dan menembus kendaraan ternyata kerusakan ini tidak terlalu sulit untuk di atasi.



"Tertembus peluru gampang bahkan beberapa mekanik bisa melakukan perbaikan nyambung bodi. Di-repair atau diganti panel yang terkena," kata koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi saat dihubungi detikcom, Senin (30/9/2019).

Walaupun hanya ditembus satu lubang peluru pada mobil, hal ini dapat mengganggu kenyamanan selama berkendara jika tidak segera diperbaiki. Sudah pasti kesenyapan mobil berkurang, bau dari luar masuk ke kabin dan pengontrol suhu yang tidak efisien lagi bekerja.



"Ngaruh berarti udaranya bisa keluar, bau dari luar masuk ke dalam, AC nggak dingin, suara dari juga juga terdengar," lanjut Anjar.

Selain itu perlu diperhatikan juga bagian apa saja yang terkena dampak dari tembakan peluru. Andai kata mengenai masalah kabel kelistrikan dianjurkan untuk menggantinya, sebab jika dibiarkan cepat atau lambat akan menimbulkan korsleting dan kerusakan semakin parah.

"Kalau wiring harus diganti karena kalau tidak akan konslet di kemudian hari. Kalau komponen lain tergantung situasional," papar Anjar.

Simak Video "Ratusan Nelayan Geruduk Kantor Desa Patimban Subang!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com