Senin, 30 Sep 2019 09:24 WIB

Petinggi Negara Minta Jimny, Tapi Suzuki Belum Bisa Penuhi

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Suzuki Jimny Foto: Pradita Utama
Jakarta - Mobil Suzuki Jimny memang bikin banyak orang ngiler, mulai dari kalangan biasa sampai petinggi negeri ini pun meminati mobil SUV (Sport Utility Vehicle) kecil itu. Sayang Suzuki tidak bisa menampung semua minat itu karena stok mobil yang terbatas.

"Kami 2 bulan lalu mulai kenalkan Jimny walaupun barangnya belum sesuai harapan masyarakat ada 2.000 orang (yang minta) tapi cuma dijual 70 unit (per bulan) jadi mabuk juga. Penggede negara ini minta, tapi minta maaf, mudah-mudahan bisa diproduksi," ujar Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Tbk Soebronto Laras di Jakarta tanpa menyebut siapa petinggi negara yang dimaksud.



Harga Jimny saat ini sudah mengalami kenaikan sekitar Rp 20 juta dari harga awal yang diumumkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) beberapa bulan lalu. Jimny yang saat itu ditawarkan mulai Rp 315,5-330 juta kini harganya menjadi Rp 335,5 juta sampai Rp 350 juta.

Kenaikan hingga Rp 20 juta pada model Jimny merupakan imbas dari BBN untuk mobil baru. Menariknya lagi, orang juga mau membeli mobil sampai harga Rp 400 juta, namun kembali lagi Suzuki tidak bisa memenuhinya.

"Harga aslinya Rp 330 juta, di luar Rp 400 juta berani bayar gila nggak tuh," ujar Soebronto.



Jimny menurut Soebronto memang mobil yang legendaris di kelasnya. "Medan kita luar biasa trans Kalimantan pasti yang nomor 1 Jimny lawannya CJ7 nggak tanggung-tanggung tapi untuk medan kuat ya Jimny," ujarnya.

Pada model barunya Suzuki Jimny mengusung mesin K15B dengan kapasitas 1.462cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi 3-Link Rigid Axle yang dilengkapi Coil Spring baik untuk sisi depan maupun belakang. Fitur ini membantu meredam guncangan saat berkendara melalui kontur jalan tidak rata maupun berbatu. Mobil memiliki Ground Clearance setinggi 210 mm serta radius putar 4,85 m yang mampu melakukan manuver di berbagai kondisi jalan yang ditempuh.

Jimny juga punya mode berkendara four-wheel drive yang dilengkapi dengan fitur All Grip Pro 4WD yang menawarkan kemampuan off road yang tinggi. Fitur ini memberikan kebebasan pada pengemudi untuk memilih mode berkendara sesuai dengan kebutuhan, yaitu 2H untuk berkendara di kecepatan dan jalan normal (aspal / kerikil kering), 4H untuk berkendara di jalan off road, dan 4L untuk berkendara di bebatuan kasar, lumpur, dan medan yang lebih ekstrem.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com