Jumat, 27 Sep 2019 16:50 WIB

Orang Kaya Paling Antusias Menyambut 'Mobil Hantu'

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pool (Autoevolution) Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Autonomous vehicles (AV) menjadi bentuk kemajuan teknologi di industri otomotif. Mobil-mobil dapat melaju sendiri tanpa menggunakan sopir seperti 'mobil berhantu'. Dari strata ekonomi, orang-orang berduit yang paling antusias menanti era kendaraan autonomous.

Hal ini berdasarkan hasil studi Audi dengan bantuan lembaga riset pasar Ipsos dengan mewawancarai 21.000 orang di sembilan negara di tiga benua.



Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang paling bersemangat untuk teknologi self-driving adalah anak muda, berpendidikan dan berpenghasilan tinggi. Dan sebaliknya, yang paling enggan adalah mereka yang berpenghasilan rendah dan pendidikan rendah.

"Studi ini lebih dari sekadar tambahan yang diterima untuk pengetahuan kita tentang fenomena mengemudi otonom," kata Dr. Luciano Floridi, profesor Filsafat dan Etika Informasi dan direktur Lab Etika Digital, Universitas Oxford, dan anggota jaringan ilmiah dari Audi.

Ilustrasi Mobil otonomIlustrasi Mobil otonom Foto: Ridwan Afirin


Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa sebagian besar orang bersedia untuk mencoba mobil otonom (AV), tetapi hanya setelah mobil diuji dengan benar dan tester memiliki pengetahuan tentang kemampuan mobil self-driving.

Sebagian besar dari responden mempertimbangkan untuk mengendarai mobil self-driving, asalkan dapat mengambil kendali jika diperlukan.Hasil lainnya, penelitian juga menyebutkan mobil otonom bisa menjadi trendsetter dalam gaya hidup.



"Dalam perjalanan ke sana (penyempurnaan mobil otonom), di samping pengembangan teknis, sangat penting untuk meyakinkan orang. Studi ini memberi kami wawasan yang berbeda tentang di mana orang-orang berdiri dalam kaitannya dengan mengemudi secara otonom dan bagaimana kami dapat membangun harapan yang cocok tentang teknologi baru di masyarakat. " kata Kepala Mengemudi Otomatis Audi, Thomas Muller.

Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com