Kamis, 26 Sep 2019 17:45 WIB

Bingung Pilih Mobil Bekas atau Baru? Ini Tipsnya

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam mendukung mobilitas yang tinggi bagi masyarakat, kendaraan telah menjadi suatu kebutuhan. Tak hanya mengandalkan transportasi umum yang memiliki rute dan waktu tertentu, dengan memiliki mobil pribadi, maka akan terasa lebih leluasa untuk melakukan mobilisasi.

Namun, di samping itu banyak pula pertimbangan sebelum seseorang membeli mobil. Bagi yang memiliki budget terbatas biasanya lebih memilih untuk membeli mobil bekas karena mobil baru memiliki harga lebih tinggi.

Tapi yang namanya bekas pasti ada saja kekurangan. Mereka yang membeli mobil bekas biasanya meragukan soal ketahanan mobil. Sementara mobil baru karena semuanya serba baru maka bisa lebih kuat dan tahan lama.

Selain itu mobil baru juga dibekali teknologi terbaru beserta dengan fitur keamanan lebih lengkap. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda masih bingung ingin membeli mobil seperti apa, berikut tips untuk membeli mobil:

Urgensi Beli Mobil

Pada dasarnya, untuk memilih mobil yang tepat, maka tentukan terlebih dulu tujuan Anda membeli mobil beserta kebutuhannya. Jika memang membeli mobil adalah kebutuhan yang terdesak, seperti tak ada transportasi lain kecuali Anda harus beli mobil, maka terdapat beberapa pertimbangan lainnya.

Perlu diketahui, dalam proses pembelian mobil baru biasanya memakan waktu cukup lama. Sebelum mobil siap dibawa pulang, Anda harus mengurus STNK dan BPKB mobil terlebih dahulu yang dapat memakan waktu 2-3 bulan. Belum lagi jika Anda ingin membeli mobil yang banyak peminatnya, biasanya ada proses masa tunggu yang bisa makan waktu hingga berbulan-bulan tergantung permintaan pasar.

Namun, jika Anda telah menemukan mobil bekas yang disukai, Anda dapat langsung mengendarai mobil tersebut setelah melakukan pembelian. Jika kondisi terdesak, maka membeli mobil bekas dalam situasi ini menjadi pilihan yang tepat karena mobil sudah siap pakai dan surat-surat sudah tersedia.

Perhatikan Fitur dan Kualitas

Anda harus pintar-pintar mempertimbangkan sebuah mobil baru misalnya, yang memiliki harga yang sama dengan mobil bekas. Dengan harga yang sama, meski beda mobil bekas dan baru, Anda bisa saja mendapatkan mobil dengan fitur dan kualitas yang lebih bagus saat memilih mobil bekas.

Misalnya mobil baru yang dijual murah, akan tetapi dilhat dari segi kenyamanan berkendara kurang bisa dirasakan. Namun, jika kita memilih mobil bekas, dengan kisaran harga yang sama bisa saja punya kualitas dan kenyamanan yang lebih. Dalam kondisi ini, maka mobil bekas bisa menjadi pilihan.

Melihat Harga Jual Beli Kembali

Alasan utama konsumen memilih mobil bekas adalah harga mobil bekas yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi harga jual ke depannya, mobil baru mengalami penurunan harga. Penurunan harga juga mobil bisa terus semakin menurun di tahun berikutnya.

Setelah membaca tips di atas, mana yang akan Anda pilih, beli mobil bekas atau baru? Dengan semua kelebihan di atas, salah satu kekurangan memilih mobil bekas adalah memastikan kualitas mobil incaran Anda sebelum dibeli.

Apabila Anda memang berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat, Anda bisa memanfaatkan program KESAMBERHADIAH (Kejutan Spesial September Oktober Berhadiah) yang digelar detikcom dan Seva.id. Seva.id merupakan situs dan layanan otomotif terintegrasi dari Astra Digital.

Lewat program ini, total hadiah senilai ratusan juta rupiah menanti untuk Anda raih. Program yang dibagi menjadi empat periode ini sudah dimulai sejak 10 September lalu dan berakhir pada 30 Oktober 2019 mendatang.

Saat ini KESAMBERHADIAH memasuki periode kedua yang telah berlangsung sejak 25 September-7 Oktober 2019. Akan ada 2 orang lagi yang berkesempatan mendapatkan hadiah DP mobil dari daftar merek serta tipe mobil baru dan bekas yang telah tersedia. Selain itu juga akan ada 4 orang yang akan dapat voucher belanja ratusan juta rupiah yang akan diumumkan pada 8 Oktober 2019.

Untuk mengikuti program ini, caranya gampang banget. Kamu cukup mengisi data diri beserta alasan kenapa ingin dibayarin DP mobil di formulir di sini. Alasan yang jelas, unik, lucu dan paling seru yang akan dimenangkan oleh detikcom.

Calon pemenangnya adalah mereka yang sudah mendaftar KESAMBERHADIAH pada periode yang disediakan dan bisa dihubungi oleh pihak detikcom.

Total hadiah hingga akhir periode senilai ratusan juta rupiah. Hadiah teridiri dari dibayarin DP mobil total ratusan juta untuk 10 orang pemenang, voucher belanja total jutaan rupiah untuk 16 orang pemenang dan iPhone XR untuk 1 orang pemenang.

Jangan sampai ketinggalan. Ayo, ikut KESAMBERHADIAH Season 2 sekarang untuk mendapatkan hadiah utama dibayarin DP mobil!





Simak Video "Geliat Kesibukan Pelabuhan Babang"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com